SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Flash pada Materi Usaha dan Energi Kelas X SMA

Nur Diah Fatmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Fatmawati, N. D. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Flashpada Materi Usaha dan Energi Kelas X SMA. Skripsi, Program studi pendidikanfisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Purbo Suwasono, M. Si. (II)Dr. Markus Diantoro, M. Si.

 

Kata Kunci: media, flash, animasi, user friendly, downloadable

Media pembelajaran merupakan salah satu alat bantu pembelajaran bagi pesertadidik di masa mendatang. Media pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi jugamasih belum dikuasai dengan baik oleh peserta didik. Media pembelajaran seharusnyadapat memberikan motivasi belajar yang dimiliki peserta didik untuk mencapai tujuanpembelajaran. Berdasarkan penelitian sebelumnya dan hasil observasi lapangan pesertadidik dalam menerima materi pembelajaran masih belum optimal. Hal tersebutmengakibatkan capaian tujuan pendidikan belum sesuai dengan yang diharapkan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisikaberbasis flash pada materi usaha dan energi. Media ini juga karakteristik fitur animasi,soal evaluasi, pendekatan matematis, menggunakan bahasa yang sederhana, userfriendly, stand alone, downloadable, feedback soal evaluasi, video, dikemas dalambentuk cd interaktif, flashdisk, atau link yang bisa di download, dan dilengkapi denganbuku petunjuk penggunaan media. Oleh karena itu penelitian dilakukan untukmenghasilkan media pembelajaran fisika berbasis flash dan mendiskripsikankelayakannya.

Penelitian ini menggunakan penelitian Borg and Gall dengan mengadaptasi 3langkah utama yang telah disesuaikan, yaitu 1) studi pendahuluan 2) pengembanganproduk, dan 3) uji coba produk. Kelayakan tersebut diukur dengan menggunakan ujivaliditas ahli materi dan pakar media yang terdiri dari 1 dosen fisika dan 1 guru matapelajaran fisika, serta uji coba terbatas oleh pengguna media terdiri atas 35 peserta didikSMA Negeri 10 Malang. Data penelitian yang digunakan adalah kualitatif dankuantitatif. Data kualitatif berupa catatan, komentar, dan saran dari validator dan calonpengguna. Data kuantitatif berupa analisis rata-rata dan analisis persentase. Instrumenyang digunakan untuk pengumpulan data berupa angket validasi media pembelajarandan angket uji coba terbatas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisisdeskriptif kualitatif dan teknik perhitungan persentase rata-rata.

Telah berhasil dikembangkan media pembelajaran fisika berbasis flash yangmemenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mendapatkan nilaivaliditas dari ahli materi sebesar 81,83% dan nilai dari validasi ahli media sebesar77,65%. Media yang dikembangkan mendapat nilai kepraktisan dari pengguna sebesar83,2%. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan media yang telah dikembangkandan direvisi memiliki kriteria yang baik sehingga layak untuk digunakan dalampembelajaran.