SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Swishmax Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Listrik Statis

Ni Made Ayu Surayuwanti Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Ni Made A.S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Swishmax Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Listrik Statis. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Drs. H. Winarto, M.Pd. (II) Nandang Mutfi, S.Si, M.T, Ph.D.

 

Kata Kunci: media, listrik statis

Penggunaan media pembelajaran yang interaktif dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan media memiliki fungsi dan peran sebagai pengatur hubungan yang efektif antara dua pihak yaitu siswa dan isi pelajaran. Penggunaan media yang interaktif diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran fisika materi listrik statis. Dari hasil penelitian awal menunjukan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari Listrik Statis.Faktor penyebab kesulitan diduga berasal dari pemahaman siswa pada konsep listrik statismasih relatif rendah dan kebiasaan siswa menyelesaikan masalah kurang sistematis. Selain itu proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifiksesuai dengan kurikulum 2013. Berkaitan dengan itu, maka di perlukan pengembangan media pembelajaran swishmax dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi listrik statis.

Model pengembangan penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahap penelitian, namun pada pengembangan ini hanya terdiri dari 4 tahap penelitian yaitu Studi Pustaka, Surve lapangan, Pengembangan/pembuatan Media dan pengujian. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan teknik wawancara dan mengisi angket oleh valdator dan pengguna. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah transkrip wawancara dan angket.

Berdasarkan hasil validitas dan analisis secara keseluruhan nilai rata-rata kelayakan media adalah 85,97% dan kelayakan materi 87,11% . Berdasarkan analisis respons siswa terhadap masing-masing aspek dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan produk telah layak digunakan. Dengan demikian media pembelajaran fisika berbasis Swishmax dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi listrik statis ini sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran. media yang dikembangkan dilengkapi pendalaman konsep, contoh soal, soal evaluasi dan video proyek fisika. Kelebihan dari penggunakan media ini dapat mempersingkat waktu dan pembelajaran menjadi interaktif. Sedangkan kelemahannya yaitu terbatas pada materi listrik statis serta belum diuji secara empiris mengenai efisiensi multimedia dan pengembangan media ini hanya sampai uji coba lapangan dalam skala terbatas.