SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI MIPA 2 di SMAN 6 Malang Pada Materi Lingkaran

Rizky Dwi Prayogo

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan observasi awal pada tanggal 10 Februari 2017 diperoleh bahwa pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 6 Malang tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes pratindakan yang menunjukkan tidak ada satupun siswa yang mendapatkan nilai minimal 75.Beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya pemahaman konsep siswa yaitu (1) konsep diberikan langsung oleh guru,dan  (2) siswa hanya mengerjakan soal tanpa memahami konsep.Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran kooperatif Team Asissted Individualization (TAI)yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikanpembelajaran dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 6 Malang pada materi lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam 1 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan dan 1 kali tes akhir. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi (1) data hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan  (2) data hasil tes akhir siklus.

Langkah-langkahpembelajaran kooperatif tipe TAI yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa yaitu (1)placement test, guru memberikan tes awal pada siswa sebagai dasar pembentukan kelompok belajar, (2) teaching group, guru memberikan pengetahuan-pengetahuan awal dan permasalahan pada kehidupan sehari-hari, (3) motivasi, guru memberikan motivasi berupa gambar, video atau animasi powerpoint, (4) teams, guru membentuk kelompok heterogen yang terdiri dari 3-4 siswa dan guru memberikan nomor pada setiap siswa, (5) student creative, siswa mengerjakan LKS secara individu, (6) team study, siswa mendiskusikan hasil belajar individu dengan masing-masing anggota kelompok, (7) whole class units, siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok, (8) fact test, siswa mengerjakan kuis secara individu, (9) team score & team recognitions, guru memberikan penghargaan kelompok.

 Berdasarkan data penelitian, pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 6 Malang pada materi lingkaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil obsevasi aktivitas guru yang memperoleh nilai rata-rata 90,1% atau termasuk pada kategori "sangat baik". Serta hasil obsevasi aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 88,9% atau termasuk pada kategori "baik". Hasil tes akhir siklus menunjukkan bahwa siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Malang yang telah mencapai nilai minimal 75 sebanyak 26 siswa atau 81 % dari 32 siswa.