SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran ARIAS untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Vektor Bagi Siswa Kelas X SMAN 01 Batu

Nova Rowi Satria

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama dua minggu diperoleh fakta motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Batu khususnya X MIPA 3. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh pembelajaran matematika yang dilaksanakan masih cenderung berpusat pada guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilaksanakan pembelajaran dengan model ARIAS. Dalam pembelajaran ARIAS terdapat lima tahapan, yaitu: (1) Assurance, (2) Relevance, (3) Interest, (4) Assessment, dan (5) Satisfaction.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran ARIAS yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Batu pada materi vektor. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus (Siklus 1 dan Siklus 2). Siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 29-31 Maret 2017, sedangkan siklus 2 dilaksanakan pada tanggal 5-7 April 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Batu pada tahun ajaran 2016/2017. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi: 1) hasil observasi motivasi belajar siswa, 2) hasil observasi aktivitas guru, 3) angket motivasi belajar siswa, dan 4) hasil tes akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran ARIAS pada materi vektor dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil observasi motivasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 28,67%, hasil angket motivasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 23,53%, hasil tes akhir dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,77%, serta hasil observasi aktivitas guru yang berada pada kategori baik. Saran yang dapat dikemukakan untuk pembelajaran berikutnya antara lain: (a) model pembelajaran ARIAS ini dapat dipertimbangkan untuk dijadikan alternatif dalam pembelajaran, (b) dalam penerapan model pembelajaran ARIAS guru hendaknya mampu menentukan materi yang sesuai, (c) dalam menerapkan model pembelajaran ARIAS guru hendaknya lebih banyak memberikan motivasi kepada siswa agar lebih aktif dalam diskusi sehingga siswa nantinya mampu mengungkapkan pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain dan memecahkan masalah yang dihadapinya.

Selain itu perlu adanya penelitian lebih Janjut tentang ARIAS karena penelitian tindakan kelas ini hanya dilakukan di kelas X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Batu dengan materi vektor, maka hendaknya dapat dikembangkan pada materi lain dengan memperhatikan materi prasyarat, pengembangan LKS dengan model pembelajaran ARIAS, penggunaan waktu dan tempat duduk siswa.