SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN STRATEGI POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA

Maulidia Rahmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmah, Maulidia. 2017. Penerapan Pembelajaran Strategi Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada SoalCerita Matematika. Skripsi, Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Ety T D Cahyowati, M.Pd

 

Kata Kunci : Strategi Polya, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, soal cerita

Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa kesulitan terbesar siswa adalah ketika siswa dihadapkan pada masalah matematika dalam bentuk soal cerita. Dalam pembelajaran guru terbiasa hanya memberikan rumus dan siswa menggunakan rumus tersebut dan melakukan perhitungan, sehingga ketika siswa dihadapkan dengan permasalahan yang tak serupa, siswa cenderung tidak dapat menyelesaikan soal tersebut. Siswa juga hanya terfokus pada hasil akhir saja. Strategi Polya merupakan salah satu strategi pemecahan masalah yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran strategi Polya yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada soal cerita matematika. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi: 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi; 2) Hasil catatan lapangan; 3) Hasil tes akhir siklus.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada soal cerita. Hal tersebut dapat dilihat pada persentase siswa yang mencapai KKM pada tes awal sebesar 5,9 % mengalami peningkatan pada tes akhir siklus II sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu sebesar 76,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan strategi Polya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada soal cerita matematika. Terdapat empat tahapan Polya yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dalam bentuk soal cerita, yaitu: 1) memahami masalah, guru meminta siswa untuk menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dalam soal yang diberikan dengan lengkap dalam artian tidak ditambah ataupun dikurangi; 2) merencanakan penyelesaian masalah, guru meminta siswa untuk menyusun rencana penyelesaian secara runtut dengan menggunakan informasi yang diperoleh pada tahap sebelumnya; 3) melaksanakan rencana penyelesaian masalah, guru meminta siswa untuk melaksanakan rencana penyelesaian yang dituliskan di tahap sebelumnya dan mengingatkan untuk selalu teliti dalam melakukan perhitungan; 4) memeriksa kembali jawaban yang diperoleh, guru meminta siswa untuk selalu memeriksa kembali jawaban yang mereka peroleh untuk mengetahui apakah jawaban tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan soal.