SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN GRAFIK PENGENDALI INDIVIDUAL MOVING RANGE (I-MR) BERBASIS DISTRIBUSI BURR (Studi Kasus di PG. Gempolkrep)

ANDRIAN WANDA YULIANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Yulianto, A. W. 2017. Pengembangan Grafik Pengendali Individual Moving Range (I-MR) Berbasis Distribusi Burr (Studi Kasus di PG. Gempolkrep). Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Swasono Rahardjo, S.Pd, M.Si.

 

Kata kunci: grafik pengendali individual moving range (I-MR), distribusi Burr, VGAM.

Grafik pengendali individual moving range (I-MR) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengelola data tunggal yang berdistribusi Normal. Akan tetapi, pada kenyataannya data tidak selalu mengikuti distribusi Normal.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan grafik pengendali I-MR berdistribusi Burr. Data yang digunakan adalah data ICUMSA gula kristal putih yang diambil dari PG. Gempolkrep sebanyak 30 data pada bulan Agustus 2015. Pendugaan parameter distribusi Burr dilakukan dengan menggunakan metode dugaan kemungkinan maksimum dengan bantuan paket VGAM pada R.

Penelitian ini menghasilkan grafik pengendali I-MR berdistribusi Burr dengan nilai CL grafik individual sebesar , UCL sebesar  dan LCL sebesar . Sedangkan pada grafik pengendali MR didapatkan nilai CL= , UCL=  dan LCL=0. Hasil dari grafik pengendali I-MR berbasis distribusi Burr menunjukan bahwa tidak ada data yang keluar batas pengendali dan menunjukkan kondisi yang stabil atau konsisten serta variabilitasnya masih terkendali.

Pada grafik pengendali I-MR berdistribusi Normal didapatkan nilai CL dari grafik pengendali individual sebesar , UCL sebesar  dan LCL sebesar . Sedangkan pada grafik pengendali MR didapatkan nilai  CL= , UCL=  dan LCL= . Hasil dari grafik pengendali I-MR berdistribusi Normal menunjukan bahwa ada beberapa data yang keluar batas pengendali. Hasil lain dari penelitian ini adalah panjang selang antara UCL dan LCL grafik pengendali individual dan MR berdistribusi Normal berturut-turut adalah  dan . Sedangkan panjang selang antara UCL dan LCL grafik pengendali individual dan MR berdistribusi Burr berturut-turut adalah dan . Berdasarkan hasil diatas diperoleh kesimpulan bahwa panjang selang grafik pengendali I-MR berbasis distribusi Burr lebih lebar dibandingkan dengan panjang selang grafik pengendali I-MR berdistribusi Normal.