SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Cerita SPDV Kelas X dan Scffoldingnya Berdasarkan Tahapan Newma

Aleta Winadya Qiranthi Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Aleta Winadya Qiranthi. 2017. Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Cerita SPDV Kelas X dan Scffoldingnya Berdasarkan Tahapan Newman. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Erry Hidayanto, M.Si.

 

Kata Kunci : analisis kesalahan, soal cerita, scaffolding, sistem persamaan dua variabel, tahapan newman

Pembelajaran matematika menuntut peserta didik untuk dapat menerapkan konsep dalam pemecahan masalah sehari-hari dan biasanya menggunakan soal cerita. Permasalahan matematika berbentuk soal cerita ini menyebabkan peserta didik melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikannya. Analisis kesalahan merupakan upaya untuk menentukan dan menjelaskan jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan dua variabel. Analisis yang digunakan adalah analisis kesalahan Newman. Setelah mengetahui hasil analisis maka dilakukan pemberian scaffolding dalam penelitian ini untuk mengatasi kesalahan peserta didik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik kelas X dalam menyelesaikan soal cerita terkait materi sistem persamaan linear dua variabel serta bentuk scaffolding yang dibutuhkan untuk mengatasi kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Subjek penelitian adalah 3 peserta didik dari 33 peserta didik kelas X MIPA 1 SMA PGRI Lumajang dengan kategori berbeda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa letak kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan dua variabel, terdiri atas (1) membaca (reading),(2) memahami (comprehension), (3) transformasi (transformation), (4) keterampilan proses (process skill), (5) penulisan jawaban akhir (encoding).