SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Komposisi Fungsi Berdasar Pendekatan Saintifik Berciri Realistik Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Program IPS

Milda Desyana

Abstrak


ABSTRAK

 

Desyana, Milda. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Komposisi Fungsi Berdasar Pendekatan Saintifik Berciri Realistik untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Program IPS. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Lathiful Anwar, S.Si, M.Sc.

 

Kata Kunci : perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, model realistik, komposisi fungsi

Pembelajaran matematika bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan nyata. Pembelajaran akan berjalan baik apabila sebelumnya guru telah merancang persiapan pembelajaran yang tercantum dalam perangkat pembelajaran dengan baik pula. Perangkat pembelajaran yang disusun harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013 serta harus mampu mengaktifkan siswa saat pembelajaran dengan cara mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata. Perangkat pembelajaran yang dimaksud adalah perangkat pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik dan berciri realistik (RME). Sayangnya, banyak guru yang masih menggunakan cara konvensional dalam pembelajaran dan menggunakan LKS yang hanya berisi rumus, contoh dan latihan soal. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS materi komposisi fungsi untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Perangkat pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik berciri realistik adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang mengkolaborasikan lima pengalaman belajar saintifik dengan lima karakteristik RME agar siswa aktif dalam pembelajaran dan dapat mengingat konsep matematika lebih lama karena menemukan konsep matematika secara mandiri dengan bimbingan guru. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran materi komposisi fungsi berdasarkan pendekatan saintifik berciri realistik yang valid, praktis, dan efektif.

 Model pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp (Hobri, 2010: 17), terdiri atas: (1) tahap investigasi awal, (2) tahap desain, (3) tahap realisasi/konstruksi, dan tahap (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi. Dalam penelitian ini, dilakukan tiga uji terhadap kualitas produk pengembangan yang terdiri atas uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh validator ahli dan praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji coba produk kepada guru matematika dan 35 orang siswa kelas XI IPS 2 MA Al Maarif Singosari sebagai subjek uji coba yang diamati oleh dua orang observer.

Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil yaitu: (1) skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3,67 dan 3,76, (2) skor kepraktisan RPP berdasarkan lembar observasi kegiatan guru adalah 3,39, skor kepraktisan LKS berdasarkan lembar observasi kegiatan siswa adalah 3,64 dan skor kepraktisan LKS berdasarkan angket respon siswa adalah 3,5dan (3) persentase siswa yang