SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metide Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI Bahasa SMAN 2 Malang

Isnatul Jannah

Abstrak


ABSTRAK

 

Jannah, Isnatul, 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI Bahasa SMAN 2 Malang. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Eddy Budiono, M. Pd.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Minat Belajar Matematika.

Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas XI Bahasa SMAN 2 Malang menunjukkan bahwa minat belajar matematika peserta didik masih rendah. Hal ini terlihat ketika guru meminta peserta didik mencatat materi dan memberikan soal, sedikit dari peserta didik yang mencatat dan segera mengerjakannya. Peserta didik juga terlihat tidak berusaha mengerjakan dengan menggunakan sumber belajar lain. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar matematika misalnya Inkuiri Terbimbing.

Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Malang pada kelas XI Bahasa 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan minat belajar matematika. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah minimal 50% peserta didik memenuhi indikator minat belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar matematika mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan observasi terlihat bahwa terjadi peningkatan dari 47,8% pada siklus I menjadi 76% pada siklus II. Sedangkan hasil angket menyatakan bahwa 43,4% peserta didik pada siklus I memenuhi indikator minat belajar dan 64,2% peserta didik pada siklus II memenuhi indikator minat belajar. Langkah-langkah pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik: (1) pra pembelajaran, (2) mengajukan masalah, (3) merumuskan hipotesis, (4) melakukan eksperimen, (5) menganalisis data, (6) menguji hipotesis, (7) membuat kesimpulan, (8) menyajikan hasil, dan (9) pasca pembelajaran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing meningkatkan minat belajar matematika peserta didik kelas XI Bahasa SMAN 2 Malang.