SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Trigonometri Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Malang

Anis Rochma Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Anis Rochma. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament  (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Trigonometri Siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sukoriyanto, M.Si.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tounament, Hasil Belajar Matematika

Berdasarkan data hasil ulangan harian menunjukkan hasil belajar matematika siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Malang masih rendah. Sementara itu, hasil observasi yang peneliti lakukan pada bulan Oktober 2016 menyatakan bahwa pembelajaran matematika yang dilaksanakan cenderung terpusat pada guru dan bukan pada siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dipilih model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament(TGT).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe (TGT) yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X MIPA 1 SMAN 6 Malang.

Penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTKini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 31 Januari sampai dengan 10 Februari 2017, sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 14 Febuari sampai dengan 21 Februari 2017. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 di SMAN 6 Malang pada tahun 2016/2017 sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi: 1) hasil observasi aktivitas guru dan siswa, 2) hasil catatan lapangan, dan 3) hasil tes akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilakukan dengan langkah-langkah presentasi kelas, team (belajar kelompok), games tournament, dan penghargaan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas X MIPA 1 SMAN 6 Malang. Persentase ketuntasan hasil tes akhir siklus I sebesar 64,52% dan siklus II sebesar 87,10%, sehingga terjadi peningkatan sebesar 22,58% dari siklus I ke siklus II.

 

ABSTRACT

 

Pratiwi, Anis Rochma. 2017. Application of Cooperative Learning in Team Games Tournament (TGT) Type to Improve The Results of a Mathematical Study on Trigonometry Subject in X MIPA 1 Students of SMA Negeri 6 Malang. Thesis. Department of Mathematics FMIPA State University of Malang. Advisor: (I) Drs. Sukoriyanto, M.Si.

 

Keywords: Cooperative learning, Team Games Tournament, Mathematical Study’s Result

Based on data of daily test results showed mathematics study results of students class X MIPA 1 SMAN 6 Malang unfortunate still low. Meanwhile, the results of observatios that researchers do in October 2016 stated that learning mathematics that is implemented tend to be centered on teacherand not on students.To solve that problem selected cooperative learning model type of Team Games Tournament (TGT).This research aims to describe the cooperative learning steps in Team Games Tournament (TGT) type which can improve the results of mathematical study on trigonometry subject in X MIPA 1 of SMAN 6 Malang.

This research is conducted through a qualitative approach to the type of  Classroom Action Research. Cycle I implemented on January 31 till February 10, 2017, while cycle II was held on 14th – 21st February 2017. Each cycle consists of four phases, which are, planning, implementation, observation, and reflection. The subject of this research is X MIPA 1 students in SMAN 6 Malang as many as thirty-one (31) students consisting of seventeen (17) female students and fourteen (14) male students. The data collected in this research are: 1) results of teacher and student’s observation activity, 2) results of implementation, and 3) results of cycle final test.

The results showed that the application of cooperative learning in TGT type conducted with presentation class, team (study in a group), games tournament, and group awarding can improve the results of learning in mathematical into trigonometric subject for X MIPA 1 students of SMAN 6 Malang. Percentage of completeness of the final test result of cycle I was 64,52% and cycle II was 87,10%, so there was an increase of 22,58% from cycle I to cycle II.