SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Kedudukan Dua Lingkaran Untuk Siswa Kelas XI SMA

Yuni Sutanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Sutanti, Yuni. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Materi Kedudukan Dua Lingkaran untuk Siswa Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Abd. Qohar, Dr. Drs, M.T.

 

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Kedudukan Dua Lingkaran

Perangkat pembelajaran merupakan suatu komponen yang penting di dalam proses pembelajaran diantaranya yaitu RPP dan LKS. Dalam proses pembelajaran, RPP yang dirancang harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Sedangkan untuk LKS, sebaiknya disusun dengan suatu metode dimana siswa dapat menemukan secara mandiri konsep matematika yang ada. Namun pada kenyataannya, LKS yang beredar masih monoton dengan mencantumkan rumus, contoh soal, dan latihan soal. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan suatu perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS materi kedudukan dua lingkaran untuk siswa kelas XI SMA.

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk RPP dan LKS materi kedudukan dua lingkaran dengan berbasis penemuan terbimbing yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Model penelitian pengembangan ini mengacu pada model Plomp yang meliputi: (1)fase investigasi awal, (2)fase desain, (3)fase realisasi/konstruksi, (4)fase tes, evaluasi, dan revisi, dan(5)fase implementasi. Pada penelitian ini terdapat tiga jenis uji yaitu: (1)uji kevalidan yang dilakukan oleh validator ahli dan praktisi, (2)uji kepraktisan RPP oleh observer berdasarkan kegiatan guru dan uji kepraktisan LKS oleh observer berdasarkan kegiatan siswa, serta uji kepraktisan LKS dari angket respon siswa, (3)uji keefektifan dilakukan dengan mengadakan tes kepada subyek uji coba yaitu 34 siswa kelas XI.

Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil yaitu: (1)skor kevalidan RPP dari validator ahli dan praktisi adalah 3,8 dengan kriteria valid tanpa revisi, (2)skor kevalidan LKS dari validator ahli dan praktisi adalah 3,68 dengan kriteria valid tanpa revisi, (3)uji kepraktisan RPP berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan guru diperoleh skor 3,75 dengan tingkat kepraktisan tinggi, (4)uji kepraktisan LKS berdasarkan observasi kegiatan siswa diperoleh skor 3,75 dengan tingkat kepraktisan tinggi dan dari angket respon siswa diperoleh skor 3,02 dengan tingkat kepraktisan tinggi, (5)uji keefektifan berdasarkan hasil tes diperoleh persentase 82,35% siswa mendapat nilai tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS untuk materi kedudukan dua lingkaran berbasis penemuan terbimbing telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.