SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X MIA 2 di SMA Negeri 2 Batu pada Materi Fungsi

Yahya Zakaria

Abstrak


ABSTRAK

 

Zakaria, Yahya. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X MIA 2 di SMA Negeri 2 Batu pada Materi Fungsi. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyana, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci:Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Division, Hasil Belajar Matematika

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan kurang lebih selama satu minggu pada tanggal 19-27 September 2016 diketahui bahwa permasalahan yang ada di kelas X SMA Negeri 2 Batu khususnya di kelas X MIA 2 adalah rendahnya hasil belajar matematika. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika yang dilaksanakan cenderung secara konvensional (ceramah) yang berpusat pada guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terdapat 5 tahap, yaitu: (1) presentasi kelas, (2) diskusi kelompok, (3) kuis, (4) penghitungan poin peningkatan individual, dan (5) penghargaan kelompok.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X MIA 2 di SMA Negeri 2 Batu pada materi fungsi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus (Siklus I dan Siklus II). Siklus I dilaksanakan pada tanggal 18 Oktober s.d 7 November 2016, sedangkan siklus II dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 15 November 2016.Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIA 2 di SMA Negeri 2 Batu pada tahun ajaran 2016/2017. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi: 1) hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik selama proses pembelajaran, 2) hasil catatan lapangan, 3) hasil unjuk kerja pada LKPD, 4) hasil kuis, dan 5) hasil tes akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi fungsi dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil unjuk kerja LKPD dari siklus I ke siklus II sebesar 7,37%, hasil kuis dari siklus I ke siklus II sebesar 43,31%, hasil tes akhir dari siklus I ke siklus II sebesar 61,29%, serta hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik yang berada pada kategori sangat baik.