SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Materi Trigonometri Kelas X SMA

Hana Putri Meilana

Abstrak


ABSTRAK

 

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat membantu proses belajar mengajar dengan menyampaikan informasi secara jelas kepada siswa (Kustandi dan Sutjipto, 2011:8). Media pembelajaran masih jarang digunakan dalam pembelajaran materi trigonometri dan mayoritas guru menyampaikan materi dengan ceramah. Hal ini menyebabkan siswa pasif dan bosan sehingga hasil belajar tidak maksimal. Hasil pemberian angket pada 32 siswamenunjukkan bahwa 50% siswa menjawab bahwa materi trigonometri adalah salah satu materi yang sulit dipelajari. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa lebih memperhatikan apabila guru menyampaikan materi melalui media elektronik dibandingkan melalui ceramah, papan tulis, atau tanya jawab. Sesuai dengan pemberian angket56,25% siswa setuju dan 15,625% sangat setuju bahwa media pembelajaran berbantuan komputer adalah media yang menyenangkan.  Sebanyak 53,125%  setuju dan 21,875%  sangat setuju dari 32 siswa kelas X bahwa media pembelajaran dapat menarik minat belajar. Berkaitan dengan hal tersebut, maka dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan komputer materi trigonometri kelas X.

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan produk media pembelajaran matematika berbantuan komputer pada materi trigonometri bagi siswa kelas X SMA yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan ini mengacu pada model 4-D (four D) diadopsi dari model Thigarajan (1774) (dalam Hobri, 2010:12) meliputi: (1) Pendefinisian), (2) Perancangan, (3) Pengembangan, dan (4) Penyebaran. Produk yang telah dikembangkan divalidasi ke validator ahli materi, validasi ahli media serta validasi RPP. Untuk menyempurnakan produk yang dikembangkan penulis tetap melakukan revisi berdasarkan saran dari validator. Uji kepraktisan dilakukan melalui 32 siswa SMA kelas X. Sedangkan uji keefektifan dilakukan dengan memperhatikan nilai evaluasi yang diperoleh siswa setelah menggunakan produk yaitu dilakukan pada 32 siswa sebagai subjek uji coba.

Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil yaitu: (1) skor kevalidan Media, Materi dan RPP berturut-turut adalah 3.57, 3.62 dan 3.72 dengan kriteria valid, (2) uji kepraktisan dinyatakan praktis dengan skor 3,53 dengan kriteria tinggi, (3) uji keefektifan berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan 84,375% mendapat nilai di atas KKM sekolah yaitu 75 dengan rata-rata 88,125. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran matematika berbantuan komputer materi trigonometri kelas X SMA yang telah dikembangkan telah mencapai kriteria valid, praktis dan efektif.