SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Ayuni Ridarwanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Ridarwanti, Ayuni. 2017. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Round Robin untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Susiswo, M.Si

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Round Robin, Hasil Belajar.

Pembelajaran matematika yang dilakukan guru di SMA Negeri 1 Tumpang masih menggunakan metode ceramah yang menyebabkan siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan penjelasan guru sehingga tidak ada keaktifan dalam diri siswa. Untuk meningkatkan keaktifan, guru telah melakukan usaha perbaikan mengajar dengan melibatkan keaktifan siswa dengan cara menerapkan pembelajaran yang terpusat pada siswa yaitu pembelajaran kooperatif dengan membentuk kelompok. Namun, pembentukan kelompok masih kurang efektif karena adanya siswa yang mendominasi kegiatan dalam kelompok dan siswa lain tidak ikut berpartisipasi aktif, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, metode Round Robin perlu diterapkan. Melalui metode Round Robin, siswa diajarkan keterampilan berbagi secara bergiliran dan memberikan kontribusi individu dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang diberikan oleh guru yang memiliki banyak cara atau solusi.

Penelitian ini dirancang  menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini terlaksana dalam 2 siklus dimana tiap siklus meliputi tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan, teknik analisis data secara kuantitatif dilakukan dengan cara menghitung persentase hasil observasi dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran kooperatif dengan metode Round Robin yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Tumpang. Langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode Round Robin, yaitu : 1) Guru memberikan permasalahan yang memiliki banyak cara atau solusi, 2) Masing-masing siswa menuliskan cara atau solusinya, 3) Secara bergiliran siswa menyampaikan kontribusinya.

 

ABSTRACT

 

Ridarwanti, Ayuni. 2017. Implementation Cooperative Learning with Round Robin Method to Improve The Student`s Learning Outcomes. Thesis, Departement of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Malang. Advisor: Dr. Susiswo, M.Si

 

Keyword: Cooperative Learning, Round Robin, Learning Outcomes.

Teaching Math by teacher in Senior High School 1 Tumpang still uses lecture method cause students just sit, take notes, and listen to the teacher`s explanation such that there is no activity in student self. For improving the learning activity, teacher have made efforts to improve teaching by involving students`s activeness by applying student-centered learning is still effective because of the forming groups. However, group formation is still less effective because students who dominate group activities in group and other students do not participate actively, so that student learning outcomes are still low. Therefore, the Round Robin method needs to be applied. Through the Round Robin method, students are taught sharing skills in turns and contributes individually in answering the problem given by teacher who have many ways or solutions.

This research was arranged using a classroom action research approach. The design of this research was happened in 2 cycles where each cycle include stage (1) planning, (2) implementation, (3) observation, (4) reflection. Data techniques used are observation, test, and documentation. Qualitative data analysis techniques are done by reducing data, presenting data, and drawing conclucions. Meanwhile, quantitative data analysis techniques performed by calculating the percentage of observations and learning outcomes. This purpose research to determine the steps of cooperative learning with Round Robin method that can improve student learning outcomes.

The results showed that the implementation cooperative learning with Round Robin method can improve student learning outcomes of class XIth IPS 1 Senior High School 1 Tumpang. The Steps for implementation cooperative learning with Round Robin method, namely: 1) Teacher provide problems have many ways or solutions, 2) Each student write the way or solution, 3) In turn the students deliver their contribution.