SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MIPA 2 SMAN 2 MALANG

Dimas Aryo Wicaksono

Abstrak


ABSTRAK

 

Wicaksono, Dimas Aryo. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Abd. Qohar, M.T.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Komunikasi Matematis Siswa.

Berdasarkan observasi awal terhadap siswa kelas X MIPA 2 SMAN 2 Malang dan wawancara dengan guru matematika kelas tersebut, didapatkan bahwa komunikasi tertulis siswa di kelas tersebut masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari pekerjaan siswa yang kurang matematis. Siswabelum memahami arti simbol dalam matematika, dimana simbol merupakan bagian dari bahasa matematis tertulis dan juga mempunyai makna masing-masing dalam setiap penggunaannya. Pada permasalahan ini, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa kelas X MIPA 2 SMAN 2 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) serta menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa kelas X MIPA 2 pada pokok bahasan komposisi fungsi dan fungsi invers. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini diawali dengan perencanaan, dilanjutkan pada pelaksanan tindakan, pengamatan, serta analisis dan refleksi. Selain itu data pada penelitian ini diperoleh dari data observasi aktivitas guru dan siswa dan hasil tes akhir siklus.Data penelitian ini diperoleh dengan cara: 1) observasi, 2) tes akhir, serta 3) dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaraan kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) tahap Think (Berpikir) yang dilakukan adalah dengan memberikan suatu permasalahan kontekstual untuk selanjutnya siswa mengamati dan menaya terkait permasalahan tersebut secara individu. Siswa menuliskan apa saja yang mereka pikirkan mengenai permasalahan yang diberikan. Selain menyelesaikan permasalahan tersebut, siswa juga menuliskan pertanyaan terkait kesulitan yang dialaminya. 2) tahap Talk (Berbicara) dilakukan pada saat diskusi secara berkelompok. Siswa pada tahap ini bertukar ide yang sudah mereka miliki dan mereka tulis pada saat diberikan permasalahan pada tahap think. Pada saat diskusi kelompok, siswa diminta aktif melakukan diskusi dengan teman kelompoknya. 3) tahap Write (Menulis) dilakukan secara individu oleh siswa dengan cara menuliskan kesimpulan berdasarkan hasil diskusi kelompok dan hasil pembahasan secara klasikal.

Data hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukkan adanya peningkatan presentase secara klasikal siswa yang mendapatkan kategori minimal baik. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai ketuntasan dari 58,62% pada siklus I, menjadi 87,09% pada siklus II. Peningkatan komunikasi matematis siswa ini juga didukung taraf keterlaksanaan proses pembelajaran yang dilihat dari hasil observasi aktivas guru dan siswa yang menunjukkan kategori minimal “Baik” pada siklus I maupun pada siklus II. Dua hal tersebut memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yang sudah ditetapkan oleh peneliti.