SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Consumer Ethnocentrism dan Brand Image terhadap Niat Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2014/2015 Unversitas Negeri Malang).

Rina Karina

Abstrak


ABSTRAK

 

Karina, Rina. 2017. Pengaruh Consumer Ethnocentrism dan Brand Image terhadap Niat Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2014/2015 Unversitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Handri Dian Wahyudi, S.E., M.Sc.

 

Keyword: Niat Pembelian, Consumer Ethnocentrism, Brand Image

 

Perdagangan internasional menyebabkan tingkat persaingan antar perusahaan di Indonesia menjadi semakin kompetitif. Wardah menjadi salah satu merek kosmetik yang berasal dari Indoensia yang diketahui oleh konsumen Indonesia. Tingginya niat pembelian konsumen menjadi tolak ukur tingkat kemajuan perusahaan. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi niat pembelian konsumen untuk melakukan pembelian real pada produk kosmetik wardah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh Consumer Ethnocentrism terhadap niat pembelian kometik wardah (2) Pengaruh Brand Image terhadap Niat pembelian kosmetik wardah.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian penjelas dengan pendekatan kuantitatif. Prosedur pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang yang belum menggunakan kosmetik wardah dan berniat menggunakan kosmetik wardah sebanyak 70 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Consumer Ethnocentrism memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian kosmetik wardah (2) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian kosmetik wardah. Oleh karena itu, perusahaan perlu menciptakan produk yang inovatif dan berkualitas yang tidak kalah bersaing dengan produk kosmetik buatan luar negeri, melakukan promosi produk kosmetik dan mengenalkan logo agar konsumen lebih mudah untuk mengingatnya.