SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Kelas VIII

Monica Aprilia

Abstrak


ABSTRAK

 

Aprilia, Monica. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Syaiful Hamzah Nasution, S.Si, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Bangun Ruang

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari materi bangun ruang sisi datar serta banyaknya aplikasi komputer yang mudah digunakan untuk membuat media pembelajaran. Media pembelajaran ini digunakan sebagai pendamping belajar siswa dalam pembelajaran matematika sehingga suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dalam memahami materi bangun ruang sisi datar. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase, yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, (5) fase implementasi.Akan tetapi, penelitian pengembangan ini hanya sampai pada fase yang keempat, yaitu fase tes, evaluasi, dan revisi.

Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran dalam bentuk satu file executable. Hasil pengembangan media pembelajaran yang berkualitas adalah yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba praktisi lapangan kepada 1 guru dan 32 siswa, sedangkan uji efektifitas dilakukan dengan memperhatikan nilai tugas yang diperoleh siswa setelah menggunakan produk. Hasil uji coba kepraktisan diperoleh dari angket yang diberikan kepada guru dan siswa. Hasil uji keefektifan diperoleh dari nilai-nilai yang diperoleh siswa. Data kualitatif berupa kritik, saran, dan pendapat umum dijadikan bahan pertimbangan dan revisi demi penyempurnaan produk yang dikembangkan.

Berdasarkan hasil uji coba, diperoleh nilai 14 dari ahli materi dan 31 dari ahli media, 13 praktisi lapangan oleh guru, dan lebih dari atau sama dengan 85% siswa telah mencapai KKM yaitu 78 pada uji efektifitas. Siswa juga memberikan respon baik terhadap media pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 0,98. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran materi bangun ruang sisi datar yang telah dikembangkan valid, praktis, dan efektif.