SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) MateriLuasPermukaandan Volume Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP

Diana Indah Kurnia

Abstrak


Perangkat pembelajaran yang digunakan di SMPN 24 Malang adalah perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Namun, pembelajaran yang dilaksanakan guru tidak sesuai dengan perangkat pembelajaran yang disusun. Guru cenderung menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga pembelajaran tidak menunjukkan adanya interaksi dan partisipasi siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri. Selain itu, bahan ajar yang digunakan hanya buku siswa dan jarang menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS yang biasanya digunakan berisi latihan soal, bukan LKS yang bersifat membangun pengetahuan siswa, sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal karena siswa cenderung menghafalkan rumus. Hal ini berdasarkan ulasan dari guru matematika dan observasi pada pembelajaran matematika kelas VII A SMPN 24 Malang. Pemahaman siswa terhadap konsep luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar di SMPN 24 Malang dapat dikatakan rendah karena lebih dari 50% siswa kelas VIII tahun ajaran 2015/2016 tidak tuntas dalam pembelajaran. Untuk membantu siswa dalam memahami luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar perlu menggunakan perangkat pembelajaran ajar yang memiliki lima karateristik RME. Pendekatan RME diterapkan pada perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) danLembarKerjaSiswa (LKS).

            Model penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan Four-D Model yang telah dimodifikasi menjadi tigat ahap, yaitu 1) tahap define (pendefinisian), 2)tahap design (perancangan), dan 3)tahap develop (pengembangan). Produk hasil pengembangan divalidasi oleh satu dosen jurusan matematika dan satu guru matematika SMP. Produk yang telah divalidasi akan direvisi untuk kemudian diujicobakan pada siswakelas VIII B SMPN 24 Malang. Pengambilan data uji validasi menggunakan lembar validasi. Pengambilan data uji kepraktisan RPP dilakukan oleh iga observer menggunakan lembar observasi kegiatan guru, sedangkan pengambilan data uji kepraktisan LKS dilakukan oleh 38 siswa menggunakan lembar angke trespon siswa. Pengambilan data uji keefektifan dilakukan melalui evaluasi menggunakan lembar tes uji kompetensi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitaif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis skor rata-rata.

            Perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Dari proses validasi, perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan rata-rata skor validasi RPP, LKS, lembar tes uj ikompetensi, lembar observasi kegiatan guru, lembar angket respon siswa masing-masingadalah 3.42, 3.32, 3.21, 3.6, 3.6. Perangkat pembelajaran juga dinyatakan praktis, yaitu ditunjukkan dengan rata-rata skor lembar observasi kegiatan guru dan lembar angket respon siswa adalah 3.46 dan 3.54. Selain itu, perangkat pembelajaran dinyatakan efektif karena presentase ketuntasan belajar siswa adalah 81,58%.