SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas XI F IPA SMAN 9 Malang dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Statistika berdasarkan Tahapan Newman

Mita Akbar Sukmarini

Abstrak


ABSTRAK

 

Sukmarini, Mita Akbar. 2017. Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas XI F IPA SMAN 9 Malang dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Statistika berdasarkan Tahapan Newman. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pernbimbing: Drs. Slarnet, M.Si.

 

Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Tahapan Newman.

Matematika sangat diperlukan dalarn kehidupan sehari-hari dan matematika juga digunakan untuk rnengembangkan IPTEK sehingga matematika perlu dibekalkan sejak dini pada setiap peserta didik. Namun dalam mata pelajaran matematika, hasil belajar yang ditunjukkan peserta didik Indonesia saat Ujian Nasional belum memuaskan. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika SMAN 9 Malang, statistika termasuk materi penting karena setiap tahunnya keluar pada Ujian Nasional. Namun peserta didik masih banyak melakukan kesalahan saat mengerjakan soal statistika. Untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan, perlu diadakan analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal statistika. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis kesalahan peserta didik adalah tahapan Newman. Analisis kesalahan berdasarkan tahapan Newman dikembangkan pada pertengahan tahun 1970 oleh Anne Newman, yang merupakan guru matematika asal Australia.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan tahapan Newman. .Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI F IP A Untuk menentukan subjek penelitian, peneliti melaksanakan tes tulis materi statistika di kelas XI F IPA yang berisi 32 peserta didik. Hasil tes tulis kemudian dievaluasi untuk menentukan subjek dengan kriteria peserta didik yang mengerjakan tiga soal tes, memunculkan tahapan Newman, dan melakukan kesalahan pada ketiga soal. Terdapat lima hasil tes yang mernenuhi kriteria, sehingga subjek penelitian yang diwawancarai oleh peneliti adalah peserta didik dengan kode SI, S2, S3, S4, dan SS.

Dari analisis data yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh hasil bahwa kelima subjek penelitian melakukan kesalahan pada tahap memahami, transfonnasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Namun kesalahan yang dilakukan masing-masing subjek pada setiap tahap berbeda-beda. Bentuk kesalahan yang dilakukan subjek antara lain tidak tepat dalam menuliskan informasi yang diketahui dan ditanya, salah menentukan rumus, salah hitung, tidak mendapatkan hasil akhir, dan tidak memberikan keterangan pada jawaban akhir.