SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Manipulatif Graphmetri Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri

Ahmad Heru Wahyu Wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Wibowo, Ahmad Heru Wahyu. 2017. Pengembangan Media Manipulatif Graphmetri Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Sisworo, S.Pd, M.Si (2) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd.

 

Kata Kunci : Media Manipulatif Graphmetri, Model Pembelajaran Direct Instruction, Representasi Matematis, Grafik Fungsi Trigonometri.

 

 

Dalam menggambar grafik fungsi trigonometri, siswa SMA Assa’adah Bungah Gresik masih menggunakan metode tabel dan lingkaran satuan. Pada metode tabel, siswa kesulitan meletakkan titik-titik yang merepresentasikan bilangan-bilangan irrasional pada sumbu x maupun sumbu y. Sedangkan metode lingkaran, siswa mengalami kesulitan dalam menentukan panjang satu periode di sumbu x dan seringkali yang mereka buat tidak sama dengan keliling lingkaran satuan itu. Akibatnya grafik fungsi trigonometri yang digambar tidak sempurna. Sementara belum ada media manipulatif yang dapat digunakan oleh siswa untuk menggambarkan grafik fungsi trigonometri. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media manipulatif yang dapat digunakan oleh siswa dalam menggambarkan grafik fungsi trigonometri, serta dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Media manipulatif tersebut adalah Graphmetri yang dilengkapi dengan buku petunjuk yang mengacu pada sintaks model pembelajaran Direct Intruction. Dalam buku petunjukini terdapat latihan soal yang disesuaikan dengan indikator kemampuan representasi matematis yaitu visual, ekspresi matematis, dan teks tertulis.

Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model Four-D yaitu pendefinisian, desain, pengembangan, dan pendesiminasian. Dalam penelitian ini tahap pendesiminasian tidak dilakukan karena tahap ini membutuhkan sosialisasi yang cukup panjang dan lama, sehingga hanya sampai tahap pengembangan. Perolehan skor validasi dari ahli materi dan media berturut-turut 3,77 dan 3,83 pada skala 5 yang dikategorikan valid. Nilai kepraktisan yang diperoleh dari respons siswa dalam uji coba skala kecil maupun besar berturut-turut 4,13 dan 4,43 pada skala 5 yang dikategorikan praktis. Sedangkan hasil wawancara tanggapan siswa tentang media manipulatif Graphmetri adalah mudah digunakan dan buku petunjuk media manipulatif Graphmetri dapat dipahami. Selanjutnya rata-rata hasil pretest-postest pada uji coba skala kecil berturut-turut sebesar 47,80 dan 80,44, sedangkan pada uji coba skala besar berturut-turut sebesar 53,47 dan 80,98. Karena adanya peningkatan hasil pretest-postest, hal ini menunjukkan bahwa media manipulatif masuk kategori efektif. Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa sebesar 68,28% dalam uji coba skala kecil dan 51,44% dalam skala besar. Dengan demikian media manipulatif Graphmetri yang dikembangkan ini merupakan media pembelajaran yang efektif, valid, dan praktis serta dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.