SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN IRISAN KERUCUT UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA

Safrina Dwi Indah Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Safrina Dwi Indah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Pokok Bahasan Irisan Kerucut untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sukoriyanto, M.Si.

 

Kata Kunci: Pengembangan, multimedia interaktif, irisan kerucut

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam belajar materi irisan kerucut, khususnya dalam membayangkan ilustrasi dari pengirisan kerucut untuk mendapatkan kurva parabola, elips, dan hiperbola. Selain itu, penelitian ini juga dilatarbelakangi oleh berkembangnya teknologi sehingga dapat membantu dalam membuat suatu multimedia interaktif yang bermanfaat bagi pembelajaran. Multimedia interaktif digunakan sebagai inovasi pendamping dalam kegiatan belajar di kelas agar tidak selalu belajar dengan metode klasikal. Penelitian dan pengembangan multimedia interaktif ini mengadaptasi model pengembangan dariFour-D Modelyang disarankan oleh Svisailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Four-D Modelterdiri dari 4 tahap, yaitu (1) tahap pendefinisian, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan, dan (4) tahap penyebaran. Dalam penelitian dan pengembangan ini, tahap penyebaran tidak digunakan karena keterbatasan waktu yang dimiliki, sehingga hanya sampai pada uji coba terbatas.

Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah multimedia interaktif materi irisan kerucut dalam satu folder yang berisi sebuah file executable dan beberapa file pendukung lain yang dikemas dalam suatu CD serta rancangan pelaksanaan pembelajaran yang terintegrasi dengan multimedia interaktif. Hasil pengembangan multimedia interaktif ini mengacu pada kriteria valid, praktis, dan efektif yang disarankan oleh Nieveen. Multimedia interaktif ini divalidasi oleh seorang validator yang ahli dalam materi dan media. Validator tersebut merupakan dosen Matematika Universitas Negaeri Malang. Subjek coba untuk uji kepraktisan adalah 25 siswa kelas XI MIPA 5 B4 SMA Negeri 10 Malang serta 2 guru matematika di sekolah tersebut. Sedangkan uji keefektifan juga melibatkan 25 siswa di kelas tersebut.

Hasil validasi pengembangan multimedia interaktif menggunakan skala Likert. Pada validasi materi diperoleh persentase sebesar 73% dan validasi multimedia diperoleh persentase sebesar 78%, sehingga multimedia interaktif memenuhi kriteria valid dengan sedikit revisi. Respon positif yang diberikan oleh 25 siswa terhadap multimedia interaktif adalah 96%, guru juga memberikan respon positif sebesar 100% terhadap multimedia interaktif, sehingga multimedia interaktif memenuhi kriteria praktis. Hasil pengerjaan tes evaluasi oleh 25 siswa menunjukkan 96% siswa tuntas, sehingga multimedia interaktif memenuhi kriteria efektif. Berdasarkan acuan 3 kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan efektif.