SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Menggunakan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII A MTs SS Tebuireng Jombang

Ahmad Didik Zakariya

Abstrak


ABSTRAK

Zakariya, Ahmad Didik. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Menggunakan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII A MTs SS Tebuireng Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hery Susanto, M.Si.

Kata Kunci: STAD, Media Manipulatif, Pemahaman Matematis.

Berdasarkan hasil wawancara kepada guru matematika di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang, diketahui bahwa pemahaman matematis siswa tergolong rendah. Hal ini didukung dari nilai tugas siswa pada pembelajaran sebelumnya yaitu 56% dari 36 siswa yang memenuhi KKM dan rata-rata nilai siswa 74,4 yang masih di bawah KKM yaitu 75. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi matematika tersebut tidak sepenuhnya kesalahan dari siswa tetapi juga cara guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang kurang tepat. Guru lebih aktif memberikan informasi kepada siswa, sedangkan siswa hanya menerima apa yang diberikan guru tanpa terlibat langsung dalam proses pembelajaran.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) menggunakan media manipulatif yang dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas VII A MTs SS Tebuireng. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan berlangsung selama dua siklus. Tahapan-tahapan pada PTK ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan terdiri dari data aktifitas guru dan siswa selama pembelajaran kooperatif tipe STAD dilaksanakan, catatan lapangan, dan data tes hasil belajar siswa pada akhir siklus dalam materi operasi bilangan bulat.

 

Data penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman matematis siswa meningkat. Hasil tes pada siklus I menunjukkan 58,33% siswa mendapatkan nilai di atas KKM  meningkat menjadi 72,22% pada tes siklus II. Dan hasil observasi aktifitas guru dan siswa memenuhi kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media manipulatif yang dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa adalah sebagai berikut: (1) penyampaian tujuan, motivasi, dan tata cara pembelajaran STAD dalam materi operasi bilangan bulat, (2) pembagian kelompok yang heterogen berdasarkan kemampuan akademik siswa terdiri dari 4 sampai 5 siswa tiap kelompok, (3) presentasi guru mengenai cakupan materi operasi bilangan bulat, tanya-jawab, dan memeragakan penggunaan media manipulatif pada suatu permasalahan, (4) kegiatan belajar dalam tim, berdiskusi menyelesaikan permasalahan operasi bilangan bulat di LKS menggunakan media manipulatif, presentasi kelompok, dan guru memberikan pendampingan selama kegiatan ini, (5) kuis untuk mengetahui ketercapaian individu dalam memahami materi operasi bilangan, (6) penghargaan prestasi kelompok diberikan kepada seluruh kelompok berdasarkan skor yang diperoleh dan skor perkembangan individu dengan kategori The Best Team dan The Great Team, (7) tes diberikan pada tiap akhir siklus untuk mengukur ketercapaian pemahaman matematis siswa dalam materi operasi bilangan bulat.