SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KESALAHAN PADA BUKU TEKS ELEKTRONIK MATEMATIKA SMP KELAS VII

Samuel Fredrik Marthinus

Abstrak


ABSTRAK

 

Marthinus, Samuel Fredrik.2016. Analisis Kesalahan Pada Buku Teks Elektronik Matematika SMP Kelas VII. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa'dijah, M.Pd., M.A., (II) Dr. Erry Hidayanto, M.Si.

Kata kunci : kesalahan pada buku teks, buku teks elektronik, matematika SMP

Salah satu contoh sarana pendidikan adalah bahan ajar. Buku teks merupakan salah satu bahan ajar yang penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah maupun di rumah. Oleh karena itu, evaluasi buku teks matematika perlu dilakukan supaya pembaca dapat memperoleh informasi yang benar.

Pada penelitian ini, dilakukan analisis kesalahan perbaikan penyajian konten pada tiga buku teks elektronik matematika SMP kelas VII yang digunakan yaitu buku TAS, AT, dan WAG. Kesalahan dalam hal ini adalah kesalahan berdasarkan konsep matematika, kesalahan dalam penggunaan bahasa, dan kesalahan dalam penggunaan ilustrasi.

Dari hasil penelitian ditemukan kesalahan penyajian pada tiga buku teks elektronik seperti berikut. Pertama, kesalahan yang berhubungan dengan konsep matematika ditemukan sebanyak 18 kesalahan yaitu, 8 kesalahan pada buku TAS, 7 kesalahan pada buku AT, dan 3 kesalahan pada buku WAG. Kedua, kesalahan yang berhubungan dengan penggunaan bahasa ditemukan sebanyak 14 kesalahan yaitu, 2 kesalahan pada buku TAS, 11 kesalahan pada buku AT, dan 1 kesalahan pada buku WAG. Ketiga, kesalahan yang berhubungan dengan penggunaan ilustrasi ditemukan sebanyak 7 kesalahan yaitu, 2 kesalahan pada buku TAS, 4 kesalahan pada buku AT, dan 1 kesalahan pada buku WAG.

Berdasarkan hasil analisis dan perbaikan yang dilakukan, disarankan bagi guru dan siswa yang ingin menggunakan buku teks elektronik yang telah dianalisis dapat merujuk hasil penelitian ini. Bagi penulis dan penerbit buku teks matematika SMP sebaiknya memperbaiki buku teks dengan merujuk hasil penelitian ini.