SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Ular Tangga Edukatif pada Materi Limit Kelas X SMK

Ramandhita Dwi Pranata

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media ular tangga pada materi limit  kelas X SMK yang valid, efektif, dan efisien. Media ular tangga ini dapat membantu siswa belajar materi limit dalam bentuk drill soal-soal. Dengan adanya ular tangga edukatif ini siswa dapat bermain sambil belajar sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan. Model pengembangan ular tangga edukatif pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang direkomendasikan oleh Thiagarajan yakni 4D-Model(four D model). Pengembangan media ini terdiri empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Ular tangga edukatif yang dikembangkan telah dinyatakan valid dengan rata-rata skor total validasi para ahli 3,42 dan rata-rata skor total validasi pemahaman terhadap penggunaan media oleh pengguna adalah 89%. Jadi dapat disimpulkan bahwa ular tangga edukatif yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Disarankan hasil pengembangan permainan edukasi ini dicobakan di sekolah dalam Proses Belajar Mengajar yang sebenarnya dan kepada pengembang lainnya untuk mengujicobakan ular tangga edukatif ini pada sekolah lain.