SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-H PADA MATERI HIMPUNAN DI SMP NEGERI 4 KEPANJEN

Candra Mahardhika

Abstrak


ABSTRAK

Mahardhika, Candra. 2016. Penerapan Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-H pada Materi Himpunan di SMP Negeri 4 Kepanjen. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Aning Widayati, S.Si, M.Pd

Kata Kunci: Teams Game Tournament, Hasil Belajar, Himpunan.

Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru matematika kelas VII-H  pada akhir November 2015, diketahui bahwa banyak siswa yang menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit. Hal ini didukung dengan data wawancara siswa dari 34 siswa, hanya 16 siswa mengaku tertarik dengan mata pelajaran matematika, sisanya yakni 18 siswa tidak tertarik dengan mata pelajaran matematika karena perhitungan yang rumit dan banyaknya rumus yang digunakan. Selain itu, hasil nilai ujian matematikasiswa semester ganjilmenunjukkan bahwa 15 dari 34 siswa memperoleh nilai dibawah KKM, yakni dibawah 80. Dari hasil observasi peneliti pada akhir bulan November 2015, diketahui bahwa siswa duduk, mencatat dan mendengarkan penjelasan dari guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H pada materi himpunan di SMP Negeri 4 Kepanjen. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) merupakan pembelajaran yang melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya serta mengandung unsur permainan dan penguatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan berlangsung selama dua siklus. Tahapan-tahapan pada PTK ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan terdiri dari data aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran kooperatif tipe TGT dilaksanakan serta data catatan lapangan yang memuat kejadian yang tidak terekam dalam lembar observasi dan data tes hasil belajar siswa pada materi himpunan yang dilaksanakan pada akhir siklus.

Data penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi himpunan meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase banyaknya siswa yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan KKM lebih dari 70%. Hasil tes akhir siklus II 25 dari 34 siswa atau 73,53% siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan KKM. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa juga menunjukkan kategori sangat baik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H pada materi himpunan di SMP Negeri 4 Kepanjen adalah sebagai berikut: (1) presentasi kelas yang melibatkan seluruh siswa dari semua kemampuan akademik untuk terlibat aktif, serta pemberian poin tambahan selama proses presentasi kelas berlangsung, (2) pembagian kelompok berdasarkan kemampuan akademik siswa dan pendampingan yang tepat selama proses diskusi kelompok menggunakan lembar diskusi siswa yang telah disusun berdasarkan alokasi waktu dan kondisi siswa, (3) pelaksanaan tahap game yang terdiri dari dua tahap dengan pertanyaan-pertanyaan yan telah dirancang dan penyusunan peraturan dengan memperhatikan alokasi waktu dan kondisi siswa, (4) pelaksanaan tournament dengan melibatkan seluruh siswa, yakni mengelompokkan setiap siswa dari kelompok berbeda dengan kemampuan setara untuk duduk di satu meja turnamen, mengerjakan soal-soal yang terdapat pada kartu bernomor yang telah disusun berdasarkan alokasi waktu dan kondisi siswa, serta (5) penghargaan kelompok yang diberikan kepada seluruh kelompok berdasarkan skor yang diperoleh masing-masing kelompok yang disesuaikan dengan kriteria penilaian. Penghargaan diberikan kepada semua tim meliputi penghargaan dengan kategori Tim Hebat, Tim Sangat Hebat, dan Tim Super Hebat.

DewanPenguji,

Dr. Rustanto Rahardi, M.Si, Ketua

NIP 19630502 199001 1 001

Aning Wida Yanti, S.Si, M.Pd,Anggota

NIP 19801207 200801 2 010

Dahliatul Hasanah, S.Si, M.Math. Sc, Anggota

NIP 19851213 200801 2 002