SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KESALAHAN KONSTRKSI KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 13 MALANG

Siti Nur Nina

Abstrak


ABSTRAK

Nurnina, Siti. 2016. Analisis Kesalahan Konstruksi Konsep Siswa pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Subanji, M.Si.

Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Konsep, Kontruksi Konsep, Materi Aljabar.

Dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan materi aljabar, terkadang siswa melakukan kesalahan yang disebabkan kesalahan dalam mengonstruksi konsep aljabar. Bentuk-bentuk kesalahan konstruksi konsep berdasarkan Subanji (2015) dibagi ke dalam 4 bentuk, yaitu (1) Pseudo Construction, (2) Lubang konstruksi, (3) Mis-analogical Construction, (4) Mis-logical construction. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengostruksi konsep pada materi aljabar.

Subjek dalam penelitian berjumlah 4 orang siswa kelas VIII-G SMP Negeri 13 Malang pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 yang mewakili dari masing-masing kelompok tingkat kemampuan siswa. Satu siswa dari kelompok bawah, 2 siswa dari kelompok tengah dan 1 siswa dari kelompok atas. Siswa yang menjadi subjek penelitian melakukan bentuk-bentuk kesalahan konstruksi konsep yang berbeda-beda. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes tulis dan wawancara semi terstruktur.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan bentuk aljabar dapat dibagi ke dalam 3 bentuk kesalahan konstruksi konsep, yaitu: Pseudo benar atau pseudo salah, lubang konstruksi dan mis-analogical construction. 1) siswa mengalami pseudo benar saat menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pemfaktoran bentuk aljabar dengan memberikan jawaban yang seolah-olah benar, namun alasan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal tidak sesuai dengan konsep yang ada. 2) pseudo salah terjadi dalam menyelesaikan soal berkaitan dengan penyederhanaan bentuk aljabar yang terjadi karena siswa tidak memperhatikan syarat pengurangan bentuk aljabar, 3) lubang konstruksi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan penjumlahan, perkalian, pembagian, penyederhanaan dan pemfaktoran bentuk aljabar terjadi karena konsep yang terbentuk tidak dikonstruk secara utuh, 4) siswa mengalami mis-analogical construction dalam soal pengurangan dan pemfaktoran bentuk aljabar.

Kesalahan konstruksi konsep pada materi aljabar yang sering dialami oleh siswa adalah lubang konstruksi yang disebabkan cara berpikir siswa secara spontan, tidak memperhatikan syarat-syarat yang digunakan untuk menyelesaikan soal yang berkaitan dengan bentuk aljabar, dan tidak teraturnya pengetahuan siswa dari konsep pengetahuan sebelumnya dengan konsep pengetahuan yang baru.