SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggunakan Representasi Eksternal Beragam dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear pada Kelas XI

Rina Ramandani

Abstrak


ABSTRAK

Ramandani, Rina. 2016. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggunakan Representasi Eksternal Beragam dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear pada Kelas XI. Skripsi. Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Eddy Budiono, M.Pd

Kata kunci: Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Representasi Eksternal Beragam, Program Linear

Kemampuan menggunakan representasi eksternal beragam pada suatu konsep matematika diperlukan siswa untuk memahami konsep secara mendalam serta sebagai alat untuk menyelesaikan masalah. Berdasarkan hasi lobservasi yang dilakukan di kelas XI IPS 1 SMAN 02 Malang, diperoleh data awal berupa hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan permasalahan program linear yang menunjukkan kemampuan siswa menggunakan representasi eksternal beragam masih tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan dalam proses pembelajaran cenderung tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan menggunakan representasi eksternal yang beragam. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan pembelajaran yang dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan menggunakan representasi beragam dalam menyelesaikan masalah program linear.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing yang dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan dan keterampilan menggunakan representasi eksternal beragam dalam menyelesaikan masalah program linear. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 02 Malang yang berjumlah 34 orang. Siswa kelas XI IPS 1 memiliki kecenderungan kurang antusias dalam belajar matematika.

Pembelajaran inkuiri terbimbing dalam penelitian ini terdiri dari lima tahap pembelajaran yaitu (1) tahapan orientasi; menggali pengetahuan prasyarat siswa, (2) menyajikan masalah; membuat pertanyaan yang bersifat investigatif, (3) merumuskan hipotesis; membuat dugaan jawaban, (4) mengumpulkan data; melakukan aktivitas dan menjawab pertanyaan dalam LKPD, (5) menguji hipotesis; penarikan kesimpulan sementara, membandingkan dugaan jawaban dengan kesimpulan sementara, dan (6) menyimpulkan, mengeksplorasi pengetahuan siswa setelah mengikuti pembelajaran. Bentuk bimbingan guru berupa pertanyaan atau instruksi yang disajikan pada LKPD atau disampaikan pada kegiatan tanya jawab.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Tanya jawab yang eksploratif, pemberian tugas yang bersifat terbuka, dan pengelolaan kelas yang variatif dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan representasi eksternal beragam dalam menyelesaikan masalah program linear. Hasil penelitian siklus I, 80% atau 27 siswa sudah memiliki kemampuan dan keterampilan menggunakan representasi eksternal beragam, hasil pengamatan kegiatan guru 80,25%, dan hasil pengamatan kegiatan siswa 71,5%. Hasil tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan sehingga dilakukan siklus II. Hasil penelitian siklus II,95% atau 32 siswa sudah memiliki kemampuan dan keterampilan menggunakan representasi eksternal beragam, hasil pengamatan kegiatan guru 84,33%, dan hasil pengamatan kegiatan siswa 81,67%.Hasil penelitian siklus II menunjukkan bahwa penelitian telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.