SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Perangkat Pembelajaran RPP dan LKS Materi Bentuk Aljabar dengan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Siswa SMP Kelas VII SMPN 1 Pronojiwo

Fitrotul Avivah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi Bentuk Aljabar dengan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VII semesterI. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek valid, praktis dan efektif.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan ADDIE, dengan tahapanAnalysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran materi bentuk aljabar dengan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian perangkat pembelajaran RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran, lembar observasi pembelajaran dan angket respon siswa untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran, serta tes hasil belajar berupa kuis untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran.

Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS dengan model pembelajaran penemuan terbimbing untuk siswa SMP kelas VII. (1) Berdasarkan hasil validasi RPP, diperoleh skor 4,05 dengan kriteria “Baik”. (2) Berdasarkan hasil validasi LKS diperoleh skor 3,95 dengan kriteria “Baik”, sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan valid. (3) Berdasarkan hasil lembar observasi, diperoleh persentase 97,35% dengan kriteria “Sangat Baik” dan hasil angket respon siswa diperoleh skor 3,65 dengan kriteria “Sangat Baik”, sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis. (4) Berdasarkan hasil tes hasil belajar siswa didapat persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,36% dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif.