SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATERI GEOMETRI RUANG DIMENSI TIGA UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X

YANITA RAKHMAN

Abstrak


ABSTRAK

Rakhman, Yanita. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Geometri Ruang Dimensi Tiga untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas X. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Rini Nurhakiki, M.Pd, (II) Mohamad Yasin, S.Kom, M.Kom.

 Kata Kunci: media pembelajaran berbantuan komputer, ruang dimensi tiga

Geometri merupakan materi pelajaran matematika yang sulit untuk dipelajari, salah satunya yaitu materi ruang dimensi tiga yang dipelajari siswa sekolah menengah atas kelas X. Fakta tersebut didukung oleh wawancara dengan guru matematika kelas X dan observasi yang dilakukan, bahwa siswa terlihat kesulitan dalam membayangkan bangun ruang selama proses pembelajaran berlangsung. Kesulitan seperti itu disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang tidak maksimal.

Salah satu jenis media adalah media pembelajaran berbantuan komputer. media ini memadukan dua atau lebih komponen seperti teks, gambar, animasi, dan lain-lain. Media yang dikembangkan pada penelitian ini adalah media pembelajaran berbantuan komputer pada materi ruang dimensi tiga. Ruang dimensi tiga difokuskan pada kedudukan dan jarak titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga. Media yang dikembangkan memuat materi, contoh soal, dan latihan soal pada masing-masing submateri. Selain itu pada bagian akhir media juga disediakan evaluasi agar siswa dapat mengukur tingkat pemahaman mereka.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang didesain oleh Thiagarajan dengan hanya melakukan tiga tahap awal (tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan). Dalam penelitian ini dilakukan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk mengetahui kualitas media yang dikembangkan.

Hasil uji kevalidan diperoleh 3,067 untuk validasi ahli materi dan 3,267 untuk validasi ahli media. Berdasarkan kriteria kevalidan, media pembelajaran yang dikembangkan telah valid dan layak digunakan. Revisi dilakukan sesuai dengan komentar dan saran validator untuk menyempurnakan media. Hasil uji kepraktisan diperoleh 3,52. Berdasarkan kriteria kepraktisan, media pembelajaran yang dikembangkan telah praktis dan layak digunakan. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa 90% siswa mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 80 pada bagian evaluasi. Berdasarkan kriteria keefektifan, media pembelajaran yang dikembangkan telah efektif.

Berdasarkan hasil uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif sehingga media ini dapat digunakan oleh siswa untuk mempelajari materi geometri ruang dimensi tiga.