SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIIIG SMP NEGERI 1 BATU BAHASAN LUAS PERMUKAAN KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS

Ririn Puji Astuti

Abstrak


ABSTRAK

 

Astuti, Ririn Puji. 2013. Penerapan Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIIIG SMP Negeri 1 Batu Bahasan Luas Permukaan Kubus, Balok, Prisma dan Limas. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Toto Nusantara, M.Si., (II) Aning Wida Yanti, S.Si, M.Pd.

 

Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, investigasi kelompok, komunikasi matematis.

Kemampuan komunikasi matematis siswa adalah kemampuan siswa menggunakan simbol dan notasi matematika dengan tepat dalam menyelesaikan permasalahan matematika, menggunakan bahasa dan istilah matematika yang tepat dalam menyampaikan pendapat, menggali informasi sebanyak mungkin dari sebuah wacana, menyajikan permasalahan sehari-hari ke dalam bentuk matematika, menyajikan permasalahan dalam bentuk gambar, grafik atau tabel, memberikan ide penyelesaian dari sebuah permasalahan dan menyelesaikan permasalahan dengan langkah yang benar dan logis.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIIIG SMP Negeri 1 Batu.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VIIIG SMP Negeri 1 Batu berjumlah 25 siswa.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi pembelajaran oleh siswa, lembar observasi pembelajaran oleh guru, lembar observasi kemampuan komunikasi lisan, lembar observasi keamampuan komunikasi matematis yang terintegrasi dengan lembar pengamatan pembelajaran, soal tes yang dianalisis berdasarkan aspek komunikasi matematis dan catatan lapangan.

Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dilaksanakan dalam 6 tahap yang berada pada kegiatan ini. Kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran meliputi: (1) kegiatan awal: guru memberikan apersepsi dan motivasi kepada siswa. (2) kegiatan inti mencakup 6 tahapan dalam model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok, yaitu tahap pengelompokan, tahap perencanaan, tahap investigasi, tahap pengorganisasian, tahap presentasi dan evaluasi. (3) kegiatan akhir: guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran. Hasil tes pada siklus 1 menunjukkan bahwa 16 siswa berada pada kategori minimal baik. Hasil pengamatan pada kemampuan komunikasi lisan, 6 siswa berada pada kategori minimal baik. Pada siklus 2, 19 siswa berada pada kategori minimal baik. Hasil pengamatan pada kemampuan komunikasi lisan, 22 siswa berada pada kategori minimal baik. Hasil pengamatan kemampuan komunikasi menunjukkan rata-rata siswa berada pada kategori baik di siklus 1 dengan rata-rata 87,89 dan sangat baik pada siklus 2 dengan rata-rata skor 90,28.