SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 MALANG PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA

muamar khabibi

Abstrak


ABSTRAK

Khabibi, Muamar. 2009. " Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Malang pada Pokok Bahasan Segitiga". Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Rini Nurhakiki, M.Pd., (2) Drs. Slamet, M.Si.

Kata kunci: Penerapan, Pembelajaran Kooperatif, Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar,   Segitiga.  

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 20 Malang memberikan informasi bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika masih bersifat konvensional. Guru berperan sebagai pemberi informasi dengan menjelaskan materi matematika, memberikan contoh-contoh soal dan pembahasan serta memberikan latihan soal-soal. Akibatnya motivasi dan aktivitas siswa pada saat pembelajaran matematika menjadi rendah sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Untuk mengatasi hal tersebut maka, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 20 Malang. Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif  yang dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang pada pokok bahasan segitiga. (2) Meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 20 Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif pada pokok bahasan segitiga.

Langkah-langkah pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 20 Malang meliputi merangkum materi pembelajaran, saling membacakan dan menanggapi, diskusi kelompok, serta diskusi kelas. Peningkatan motivasi siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif terjadi pada aspek perhatian, usaha dan lama belajar. Peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif terjadi pada aspek komunikasi antar anggota dan evaluasi proses kelompok. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi pada meningkatnya banyaknya siswa yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal.

ABSTRACT

Khabibi, Muamar. 2009. "Application of Cooperative Learning Model to Increase Motivation, Activity and Student Results at Class VII SMPN 20 Malang on the subject Triangle". Thesis, Department of Mathematics FMIPA State University of Malang. Advisor: (1) Dra. Rini Nurhakiki, M.Pd., (2) Drs. Slamet, M.Si. 

Keywords: Implementation, Cooperative Learning, Motivation, Activity, Learning Results, Triangle. 

Experience Practice Field (PPL) in SMP Negeri 20 Malang provide information that the implementation of mathematics learning is still conventional. Teachers' role as a giver of information to explain the math materials, gives examples of questions and discussion and to provide training matters. As a result of motivation and student activities during the learning of mathematics is low and therefore contributes to learning outcomes. To overpcome these two, the researchers apply the cooperative learning model. 

The subject of this research is class VII student-D SMP Negeri 20 Malang. This type of research is to study the classroom action research. This study aims to (1) Describe the steps the application of cooperative learning model that can improve motivation, activities and students' grade at class VII SMPN 20 Malang on the subject of a triangle. (2) Increasing motivation, activities and students' grade at class VII SMPN 20 Malang through the implementation of cooperative learning model on the subject of the triangle. 

The steps that cooperative learning can improve motivation, activities and students' grade at class VII SMP 20 Malang summarizes the material includes learning, reading and responding to each other, discussion groups, and class discussion. Increasing student motivation through the implementation of cooperative learning model occurred in aspects of attention, effort and time to learn. Increased activity of students through the implementation of cooperative learning model occurred in aspects of communication between members and the evaluation process of the group. Improving student learning outcomes occur at the increasing number of students who received grades above the minimum criteria for completeness.