SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII H SMPN 8 Malang

Widya Chandra Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Widya Chandra. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII H SMPN 8 Malang. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. M. Shohibul Kahfi, M. Pd, (II) Drs. Imam Supeno, M. S.

 

Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), aktivitas belajar, hasil belajar

Berdasarkan data yang dihimpun, diketahui bahwa siswa kelas VIII H SMPN 8 Malang memiliki aktivitas dan hasil belajar yang masih rendah. Permasalahan ini memotivasi peneliti untuk melakukan upaya perbaikan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII H SMPN 8 Malang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas VIII H SMPN8 Malang. Penelitian diadakan pada tanggal 27 Maret 2012 sampai 6 April 2012. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah materi Prisma. Analisis data diperoleh dari data nilai siswa pada ujian sebelumnya, hasil validasi, hasil observasi, dan nilai tes hasil belajar siswa.

Data temuan penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa sebesar 53, 49 % dan belum memenuhi kriteria keberhasilan yang diharapkan yaitu 70%. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 37,21% dan belum memenuhi kriteria keberhasilan yang diharapkan yaitu 70%. Pada siklus II persentase aktivitas belajar sebesar 81,40% dan persentase ketuntasan belajar sebesar 83,72% sehingga pembelajaran dapat dikatakan berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penemuan pada penelitian ini, maka langkah-langkah TGT yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar adalah (a) presentasi kelas, guru mempresentasikan materi dengan menggunakan alat peraga, (b) Kerja tim, siswa dibagi kedalam 9 tim yang terdiri dari 4-5 siswa yang heterogen. Setiap tim dibagikan LKS yang berisi soal-soal untuk menemukan konsep mengenai prisma dan soal latihan yang bervariasi serta mengerjakannya secara berdiskusi, (c) games turnamen, setiap meja turnamen diberikan kartu soal yang berisi pertanyaan mengenai materi prisma dengan 3 soal yang mempuyai tingkat kesukaran mudah, 4 soal dengan tingkat kesukaran sedang dan 3 soal dengan tingkat kesukaran sulit, dan (d) Penghargaan tim, penghargaan diberikan kepada tim yang memiliki tingkat skor tertinggi pada saat tahap games turnamen. Penghargaan berupa piagam penghargaan.