SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Komputer pada Materi Integral Kelas XII IPA

Fajar Avisina

Abstrak


ABSTRAK

 

Avisina, Fajar. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran interaktif Berbantuan Komputer pada Materi Integral Kelas XII IPA. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Tri Hapsari Utami, M.Pd. (II)  Mahmudin Yunus, S.Kom.

 

Kata kunci: media pembelajaran interktif, luas daerah, volume benda putar

Pada observasi pendahuluan di SMAN Darusshola Singojuruh ditemukan adanya siswa yang merasa kesulitan dengan materi integral. Kesulitan siswa tersebut kemungkinan dikarenakan tiga hal diantaranya sumber belajar yang hanya berasal dari buku, model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional, dan keterbatasan waktu yang menyebabkan guru tidak mungkin menjelaskan dan menanyakan satu persatu kepada siswa. Dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan komputer, guru akan lebih mudah menjelaskan materi menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volume benda putar kepada siswa.

Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan komputer yang dikemas secara interaktif sehingga dapat dijadikan sebagai sumber belajar alternatif. Materi yang dipilih pada pengembangan ini terbatas pada materi menggunakan integral untuk mencari luas daerah di bawah kurva dan volume benda putar. Tahapan pengembangan media ini terdiri dari 4 tahap yaitupenyusunan rencana, penulisan naskah, produksi media dan evaluasi program media. Pada tahap evaluasi, dipilih seorang ahli media dan tiga orang ahli materi yang terdiri dari seorng dosen dan dua orang guru sebagai validator.

Hasil analisis data dari pelaksanaan validasi diperoleh validasi ahli materi sebesar 76,18%, validasi ahli media sebesar 92,5% dan dari angket siswa sebesar 87,54%. Berdasarkan hasil tersebut, media interaktif yang dikembangkan dikatakan valid dan layak digunakan. Adapun kelebihan media interaktif ini adalah penjelasan materi bertahap, media disajikan secara interaktif sehingga dapat digunakan secara mandiri dan animasi yang ada dalam media dapat memvisualisasikan materi luas daerah dan volume benda putar dengan jelas sehingga memudahkan siswa memahami materi menggunakan integral untuk mencari luas daerah dibawah kurva dan volume benda putar.

Untuk pengembangan berikutnya diharapkan bisa menghasilkan media yang memuat petunjuk penulisan input teks yang jelas dan mudah difahami oleh pengguna. Diharapkan pengembangan yang akan datang bisa menghasilkan media yang lebih mengkonstruksi pemahaman siswa.