SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MEMAHAMKAN BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KROMENGAN MENGGUNAKAN BAHAN MANIPULATIF PAPAN BERPAKU

ELOK DWI RETNANINGSIH

Abstrak


ABSTRAK

 

Dwi Retnaningsih, Elok. 2012. Memahamkan Bangun Datar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kromengan Menggunakan Bahan Manipulatif Papan Berpaku. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. H. Gatot Muhsetyo, M.Sc, (II) Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si

 

Kata Kunci : Bangun datar, bahan manipulatif, pemahaman siswa.

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika di SMP Negeri 1 Kromengan, diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan seringkali menggunakan metode ceramah. Ketika pembelajaran materi geometri dengan objek-objek berupa titik, garis, bidang dan ruang yang bersifat abstrak disampaikan menggunakan metode ceramah, guru mengalami kendala karena metode ceramah tidak cocok untuk bahan yang kompleks, terinci, dan abstrak. Di antara berbagai cabang matematika, hasil belajar geometri menempati posisi yang paling memprihatinkan. Hal ini ditunjukkan oleh data dari berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa (1) prestasi geometri siswa SD masih rendah, (2) ditemukan bahwa banyak siswa salah dalam menyelesaikan soal-soal mengenai garis sejajar pada siswa SMP dan masih banyak siswa yang menyatakan bahwa belah ketupat bukan jajargenjang, (3) siswa SMA masih mengalami kesulitan dalam melihat gambar bangun, dan (4) di perguruan tinggi, berdasarkan pengalaman, pengamatan dan penelitian ditemukan bahwa kemampuan mahasiswa dalam melihat ruang dimensi tiga masih rendah dan diperkuat oleh hasil pengerjaan soal tentang bangun datar yang diberikan oleh peneliti pada siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Kromengan. Dari hasil pengerjaan tersebut terlihat bahwa siswa belum bisa membedakan segiempat dan bukan segiempat, siswa menyebut belah ketubat dengan ketupat, siswa menganggap bahwa yang merupakan segiempat hanya persegi saja dan siswa mengartikan segiempat adalah bangun datar yang semua sisi yang berhadapan sama panjang, memiliki 4 sudut dan siku-siku.

Dengan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan pembelajaran menggunakan bahan manipulatif papan berpaku untuk memahamkan bangun datar pada siswa kelas VII  SMP Negeri 1 Kromengan. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran dan pemahaman siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan bahan manipulatif papan berpaku pada materi bangun datar. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dari hasil pengerjaan latihan soal, lembar kegiatan siswa, tes akhir siklus, observasi kesalahan siswa secara konseptual, prosedural dan kalkulasi, hasil observasi kegiatan guru dan siswa, dan catatan lapangan.

Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti untuk memahamkan bangun datar adalah dengan berpijak pada Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007. Peneliti menggunakan bahan manipulatif papan berpaku pada kegiatan eksplorasi dan elaborasi kemampuan siswa. Peneliti mengekplorasikemampuan siswa secara klasikal dengan tanya jawab menggunakan bahan manipulatif papan berpaku dan peneliti menyusun lembar kegiatan siswa yang menggunakan bahan manipulatif papan berpaku.

Hasil penelitian menggunakan bahan manipulatif papan berpaku menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat banyak siswa yang belum memahami bangun datar segitiga terlihat pada banyaknya kesalahan konseptual dan prosedural pada hasil pengerjaan latihan soal, lembar kegiatan siswa dan tes akhir siklus dan persentase ketuntasan belajar siswa masih rendah yaitu 48,48% dengan rata-rata kelas 70. Dengan kondisi pada siklus I, maka peneliti melaksanakan siklus II dengan materi bangun datar segiempat. Pada siklus II diperoleh peningkatan dari siklus I sebanyak 6,06% dengan rata-rata kelas 73 dan masih terdapat kesalahan konseptual, prosedural dan kalkulasi pada pekerjaan siswa. Penyebab belum maksimalnya pembelajaran menggunakan bahan manipulatif papan berpaku untuk memahamkan bangun datar adalah (1) siswa belum terbiasa dengan pembelajaran menggunakan bahan manipulatif papan berpaku dan lembar kegiatan siswa, (2) pemahaman sudut dan garis sejajar yang merupakan materi prasyarat yang belum dipahami siswa, (3) siswa belum memaksimalkan penggunaan bahan manipulatif papan berpaku pada pembelajaran, dan (4) siswa belum terbiasa dengan belajar kelompok.