SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Segitiga di Kelas VII-C SMP Negeri 2 Besuk Tahun Ajaran 2009/2010

Ivalia Ari Winanda

Abstrak


ABSTRAK

Winanda, Ivalia Ari. 2009. Penerapan Pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Segitiga di Kelas VII-C SMP Negeri 2 Besuk Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sri Mulyati, M. Pd (2) Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si.

Kata kunci: think pair share, problem posing, hasil belajar.

Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas VII-C SMPN 2 Besuk menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa masih di bawah standar ketuntasan belajar minimal yaitu hanya sebesar 58,33%. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diterapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, yaitu pembelajaran think pair Share. 

Pembelajaran Think Pair Share merupakan metode pembelajaran yang terdiri dari tiga tahap yaitu think (berpikir),  pair (berpasangan) dan share (berbagi). Melalui think pair share siswa dapat mengembangkan kecakapan sosial dan merasakan adanya saling ketergantungan positif.

Problem Posing merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat masalah atau soal berdasarkan informasi yang diberikan. Kegiatan membuat masalah atau soal dapat melatih siswa untuk aktif, kreatif dan dapat mengembangkan daya pikir.

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C SMPN 2 Besuk dengan jumlah 36 siswa. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah segitiga. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode Think Pair Share (TPS) pada materi Segitiga di Kelas VII-C SMP Negeri 2 Besuk, (2) mendeskripsikan respon siswa setelah menggunakan metode Think Pair Share (TPS) pada materi Segitiga di Kelas VII-C SMP Negeri 2 Besuk, (3) mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi Segitiga di Kelas VII-C SMP Negeri 2 Besuk.

Penerapan pembelajaran TPS diawali guru dengan memberikan LKS dan lembar problem posing. Siswa diminta berpikir secara individu kemudian berkelompok secara berpasangan untuk mengerjakan LKS dan lembar problem posing. Selanjutnya pada tahap Share siswa diminta melakukan aktivitas "kunjung karya". Dari perhitungan skor tiap pertanyaan dalam angket respon, diperoleh kategori untuk tiap butir pertanyaan adalah baik dan sangat baik. Dari angket tersebut dapat diketahui bahwa respon siswa sangat positif terhadap metode pembelajaran dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase hasil belajar dari 58,33% pada observasi awal meningkat menjadi 75% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86%. 

ABSTRACT

Winanda, Ivalia Ari. The Implementation of Think Pair Share (TPS to Increase Mathematics Achievement for grade VII-C SMPN 2 Besuk, Department of Mathematics, Faculty of Mathematic and Science, State University of Malang. Advisor: (I) Dr. Sri Mulyati, M.Pd, (II) Prof. Dr. Toto Nusantara, M.Si.

Key words: think pair share, problem-posing, learning achievement.

Result from the first observation in Class VII-C SMPN 2 Besuk shows that mathematic achievement still below of minimal standard complete learn that is 58,33%. Based on that observation, need to implement learning method that can increase mathematics achievement, in this final paper we use think pair share (TPS) learning.

Think Pair Share is learning method that consist of 3 steps i.i.e think, pair and share. Using think pair share students can develop social competence and feel positive depended.

Learning problem posing is the one of learning models form, which ask the students to make a problem or question based on the given informations. Making problems or questions activity can exercise students to be active, creative, and affect to intelligence students development.

This research is classroom action research that consist of two cycles. Research is done in class VII-C SMPN 2 Besuk as a research subject. Focus of the research is triangle with the objections: (1) discribing about implementation think pair share (TPS) which could increase student's mathematic achievement for grade Class VII-C SMPN 2 Besuk, (2) discribing about student's respon after using think pair share (TPS) for grade Class VII-C SMPN 2 Besuk, (3) discribing about student's mathematics achievement after using think pair share (TPS) for grade Class VII-C SMPN 2 Besuk.

Teacher begin think pair share (TPS) by giving LKS and problem posing sheet. Students asked to think individually and then make a team by pairing to answer LKS and problem posing sheet. Then in step share students asked to do masterpiece visit action. From calculation student's respon in questionare respon is obtained that category for each question is good and very good. From that's questionare is known that student's respon is positive to appreciate this method. The result in this research shows that Think Pair Share (TPS) can increase students's mathematic achievement. It shown that there is ncriment from 58,33% for first become 75% in cycles I and 86% in cycles II.