SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Himpunan Berbasis Kontekstual untuk Kelas VII SMP

ANUR ROCHMANIAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Rochmaniah, Anur. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Himpunan Berbasis Kontekstual untuk Kelas VII SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati, M.Pd, (2) Dra. Tri Hapsari Utami, M.Pd.

 

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, pembelajaran kontekstual, himpunan

 

Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika pada saat PPL di SMPN 21 Malang, materi himpunan merupakan materi yang dirasa sulit bagi siswa. LKS yang digunakan siswa kurang menarik dan cenderung langsung memberikan permasalahan-permasalahan formal tanpa mengawali dengan kehidupan sekitar siswa. Pada pokok bahasan himpunan, pembagian kompetensi dasar cenderung kurang efektif karena terdapat beberapa materi yang pembelajarannya dapat dilakukan secara bersama-sama seperti contohnya submateri opersi himpunan dan diagram venn. Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan pada materi himpunan sehingga proses belajar siswa diawali dari kehidupapn sekitar siswa. Oleh karena itu, tujuan dari pengembangan ini adalah tersusunnya LKS materi himpunan berbasis kontekstual untuk kelas VII SMP.

Pengembangan lembar kerja siswa ini merujuk pada prosedur pengembangan yang meliputi (1) analisis situasi awal, (2) pengembangan rancangan LKS, (3) penyusunan LKS, dan (4) penilaian LKS. LKS hasil pengembangan divalidasi oleh 3 validator yang terdiri dari 1 dosen matematika dan 2 guru matematika SMP. Setelah itu, LKS diujicobakan kepada 6 siswa kelas VI SD.

Berdasarkan hasil penilaian validator pada tiap poin lembar validasi, dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan valid dengan persentase 73,33%. Sementara itu, hasil uji coba LKS pada kelompok kecil diperoleh kesimpulan bahwa LKS yang dikembangkan menarik dan siswa dapat mengerjakan cek pemahaman yang diberikan serta memenuhi SKM yang ditentukan.

Saran untuk pengembangan LKS selanjutnya diharapkan mengembangkan LKS kontekstual pada materi lainnya. Selain itu diharapkan LKS hasil pengembangan ini diterapkan pada proses belajar mengajar siswa kelas VII SMP.