SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square

Septi Triwahyu

Abstrak


ABSTRAK

 

Triwahyu, Septi. 2009. Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square. Skripsi, Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwiyana, M.Pd dan (II) I Nengah Parta, S.Pd, M.Si.

 

Kata kunci:  meningkatkan motivasi belajar, pembelajaran kooperatif, tipe Think Pair Square

 

Motivasi belajar siswa merupakan sesuatu yang sangat penting untuk kegiatan belajar siswa. Hal ini karena dengan adanya motivasi belajar akan timbul kegiatan belajar dalam diri siswa dan menjamin keberlangsungan kegiatan belajar tersebut. Motivasi belajar siswa akan meningkat jika siswa dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Think Pair Square adalah tipe pembelajaran kooperatif yang mengoptimalkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian siswa dituntut untuk aktif selama proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh langkah-langkah pembelajaran kooperatif dengan tipe Think Pair Square yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Kepanjen. Penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2009 dalam 2 tahap, yaitu tahap pra tindakan dan tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus 1 dilaksanakan dalam empat kali pertemuan dan siklus 2 dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran kooperatif dengan tipe Think Pair Square yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Kepanjen adalah (1) tahap Think (berpikir individu) yaitu tahap saat siswa menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru secara individu dengan menuliskan hasil penyelesaiannya pada LKSnya masing-masing, (2) tahap Pair (berpikir secara berpasangan) yaitu tahap saat siswa berpasangan dengan siswa lain dalam kelompok berempatnya dan mendiskusikan penyelesaian permasalahan yang diberikan guru, pasangan siswa ditentukan oleh warna sampul pada LKSnya masing-masing, pada tahap ini siswa level rendah dipasangkan dengan siswa level sedang sedangkan siswa level tinggi dipasangkan dengan siswa level sedang, (3) tahap Square (sharing/berbagi dalam kelompok berempat) yaitu tahap saat siswa sharing (berbagi) dan saling mengemukakan pendapat dalam kelompok berempatnya, dan (4) tahap presentasi hasil kerja kelompok yaitu tahap saat siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok berempatnya di depan kelas, pada tahap ini siswa yang menjawab pertanyaan kelompok lain, memberikan kontra contoh, dan bertanya akan mendapatkan poin. Pengurangan aktivitas pada LKS yang bersifat latihan soal dapat memberikan waktu yang lebih banyak pada siswa untuk mendiskusikan penyelesaian masalah yang diberikan guru sehingga motivasi siswa dapat meningkat.

 

 

ABSTRACT

 

Triwahyu, Septi. 2009. Improving  Student’s Mathematics Learning Motivation by Cooperative Learning with Think Pair Square Type. Sarjana’s thesis, Mathematics, Mathematics and Science Faculty, State University of Malang. Advisor: (I) Drs. Dwiyana, M.Pd and (II) I Nengah Parta, S.Pd, M.Si.

 

Key Words: improving learning motivation, cooperative learning, Think Pair Square type

 

            Student’s learning motivation is important thing in learning process. It’s because learning motivation can cause the students learning by them self and this activity will be done continually.  Student’s learning motivation will be increased if the students do the learning process actively. Think Pair Square is cooperative learning type that can make the students do the activity maximally in learning process. So that the students must be active during the learning process.

            This research wants to get the procedure of cooperative learning with  Think Pair Square type that can improve the student’s learning motivation of  XI IPA 4 class in SMA Negeri 1 Kepanjen. This research uses qualitative and quantitative approach. The type of this research is classroom action research. The subject of this research is the students of XI IPA 4 SMA Negeri 1 Kepanjen. This research was done on March until May 2009 with two steps, that is the pre action step and the action step. The action step was done in two cycles, the first cycle consist of 4 meetings and the second cycle consist of 2 meetings.

The result of this research can be concluded that the procedures of cooperative learning with  Think Pair Square type that can improve the student’s learning motivation of  XI IPA 4 class in SMA Negeri 1 Kepanjen are (1) Think step (think by them self), in this step the students must solve the problems that are given by their teacher individually with written the result in their own worksheet, (2) Pair step (think with their couple), in this step the students must discuss the result of the problems that are solved in think step with their couple, the couple is the student that has the worksheet with the same color, the student with the low level will be paired with the student with medium level and the student with high level will be paired with the student with medium level, (3) Square step (sharing in group), in this step the students can share and discuss the result of the problems in their group, and (4) presentation of the result group step, in this step the students can present their result of the problems with their group in front of the class, the students that can answer the question from the other group, give an alternative example, and give question will get point. The evaluation activities in the worksheet are reduced so that the students will have much time to share the solution of the problems which are given by the teacher so that the student’s learning motivation can increase.