SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII

Yunika Rizki Budiarta

Abstrak


ABSTRAK

Budiarta, Yunika Rizki.2008.Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi, Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Toto Nusantara, M.Si, (II) Dra. Tri Hapsari, M.Pd

 

Kata Kunci: Pengembangan, bahan ajar matematika, pembelajaran berbasis                         masalah.

 

            Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan adalah lemahnya proses pendidikan, dimana siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Untuk itu dibutuhkan metode pembelajaran seperti Pembelajaran Berbasis masalah yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa. Selain metode belajar, kedudukan media berupa bahan ajar dalam proses pembelajaran merupakan bagian yang integral. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.

            Kegiatan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar untuk SMP/MTs pada materi garis singgung lingkaran berupa buku siswa dan rencana pelaksanaan pembelajran (RPP). Materi garis singgung lingkaran merupakan salah satu bahan kajian siswa SMP/MTs kelas VIII semester II. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penulisan bahan ajar ini merupakan pembelajaran berbasis masalah.

            Format buku siswa yang dikembangkan yaitu: halaman muka, uji kesiapan, kegiatan belajar, dan uji kompetensi. Selain itu modul pembelajaran yang dikembangkan juga dilengkapi dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Bahan ajar matematika yang dikembangkan telah melaui tahap validasi oleh subyek ahli, yang melibatkan tiga orang dosen matematika Universitas Negeri Malang dan tiga orang guru bidang studi matematika Sekolah Menengah Pertama.    Hasil validasi pengembangan untuk aspek isi buku siswa memperoleh rata-rata persentase penilaian 80, 63%, aspek penyajian buku siswa memperoleh rata-rata persentase penilaian 95% dan aspek bahasa dalam buku siswa memporoleh rata-rata persentase penilaian 72,5%. Hal ini menunjukkan bahwa buku siswa yang dikembangkan valid. Uji coba dilakukan kepada enam siswa dengan cara membagikan angket respon pada siswa dan wawancara. Hasil dari angket dan wawancara  menunjukkan respon positif siswa terhadap buku siswa.

            Adapun beberapa saran yang dapat dikemukakan yaitu: diharapkan guru bidang studi matematika khususnya guru bidang studi matematika kelas VIII untuk mengujicobakan bahan ajar ini kepada siswa. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat efisiensi dan keefektifan penerapan bahan ajar di kelas, selain itu produk pengembangan bahan ajar ini dapat dijadikan sebagai salah satu masukan dalam pengembangan bahan ajat yang mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk materi yang lain.

 

 

Pembimbing I                                                                          Pembimbing II

 

 

Dr. Toto Nusantara, M.Si                                                      Dra. Tri Hapsari, M. Pd

NIP 131943812                                                                       NIP 131943810          

 

                                                Penguji Utama

 

 

                                                Prof. Drs. H.  Akbar Sutawidjaja, M.Ed., Ph.D

                                                NIP 130350742