SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang di kelas VIII SMP Negeri 5 Malang

Hustiawan Cahyono

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Cahyono, Hustiawan Adha. 2009. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII D SMP Negeri 5 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing:

(I) Dra. Santi Irawati, M.Si, Ph.D (II) Drs. Rustanto Rahardi, M.Si.

 

Kata Kunci: PMRI, prestasi siswa dan penelitian tindakan kelas

 

Penelitian ini berawal dari keadaan kelas VIII D yang tidak menyukai matematika. Berdasarkan pengamatan langsung yang dilakukan pada waktu PPL (praktek pengalaman lapangan) terlihat bahwa siswa tidak berani bertanya dan kurang motivasi dalam belajar matematika. Hal ini menyebabkan perolehan nilai siswa tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Demikian juga berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika, didapat bahwa banyak siswa yang tidak mencapai KKM pada  materi kubus dan balok. Bangun kubus dan balok ini sering dijumpai pada kehidupan sehari-hari sehingga diperlukan pembelajaran yang khusus yaitu PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia). Berdasarkan pengamatan tersebut perlu dilakukan penelitian untuk meningkatkan  prestasi belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VIII D dengan menggunakan PMRI.    

Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan dua siklus. Pada siklus I dilakukan 5 kali tindakan sedangkan pada siklus II hanya 1 kali tindakan. Sebelum pelaksanaan siklus I diberikan pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian diberikan postes setelah akhir siklus I dan siklus II. Postes ini untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa pada bangun ruang kelas VIII D di SMP Negeri 5 Malang.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa prestasi belajar pada materi bangun ruang siswa kelas VIII D SMP Negeri 5 Malang meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata pretes yaitu 62,74 yang meningkat pada nilai rata-rata postes siklus I yaitu 76,18 menjadi 88,1 pada nilai rata-rata siklus II. Di samping itu juga dilihat dari banyaknya siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan yaitu dari nilai pretes siklus I diketahui 29% siswa tuntas belajar kemudian untuk nilai postes siklus I siswa yang tuntas belajar naik menjadi 74%. Pada siklus II banyak siswa yang tuntas belajar naik lagi menjadi 97%.

 

ABSTRACT

Cahyono, Hustiawan Adha. 2009. Application of Indonesia Realistic Mathematics Learning (PMRI) Approach to Increase Students'Learning Achievement on 3D Concept in Class VIII D SMP Negeri 5 Malang.  Thesis, Departement of  Mathematics Faculty of Mathematics and Sciences State University of  Malang. Advisors:  (I) Dra. Santi Irawati, M.Si. Ph.D  (II) Drs. Rustanto Rahardi, M.Si

Key words: PMRI, student achievement and research of class measure

 This research is started from the students' of VIII D classroom that dislike mathematic lesson. Based on the direct observation that was doing when PPL (Praktek Pengalaman Lapangan), it is shown that the student did not brave to ask and did not have quite motivation in mathematic learning. It could cause that students' achievement can not reach the KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Moreover, based on the result of interview with mathematic teacher, it is concluded that many students can not reach the KKM on cube and cuboid topics. These cube and cuboid concept are often encountered in daily life so that it is needed a special learning such as Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Based on that observation, it is needed to have a research to increase students' learning achievement on 3D concept for grade VIII D at SMPN 5 Malang by using PMRI.

     The research is a classroom action research using 4 stages of planning, action, observation and reflection. In implementation, this research is carried out using two cycles. There are performed five actions in cycle I and only one action in cycle II. Before the implementation it was given to determine the students' prior know ledge a pretest prior knowledge, and then a post test in the end of cycle I and cycle II. These post test is given to know the improvementof students' learning achievement in 3D concept in grade VIII D SMP Negeri 5 Malang.

   Based on research results, it is obtained that the students' learning achievement in 3D concept grade VIII D at SMP Negeri 5 Malang is increased. This is indicated by the average value of pretest 62.74 which is increased at an average value of post test in the cycle I that is 76.18 into 88.1 in cycle II. Beside, the number of students who reached the KKM is increased from 29% (pre test  I) into cycle I into 74% (pos test I). In cycle II the number of students who reached the KKM is 97% (post test II).