SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 8 Malang dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Share

Yuniar Ika Putri Pranyata

Abstrak


ABSTRAK

 

Pranyata, Yuniar Ika Putri. 2011. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 8 Malang dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Share. Skripsi, Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sukoriyanto, M.Si dan (II) Dr. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si

 

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square Share

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang strategis untuk mengetahui kompetensi siswa dalam menerapkan 4 tahapan pemecahan masalah. Masalah yang dimaksudkan adalah suatu persoalan matematika dengan penyelesaian yang beragam dan memuat empat tahap pemecahan masalah yaitu memahami, merencanakan, menyelesaikan dan mengecek solusi yang didapatkan. Menurut tes kemampuan awal yang dilakukan di SMP Negeri 8 Malang, sebagian besar siswa kelas VIII E memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lemah ditunjukkan dengan skor tes yang rendah.

Think Pair Square Share adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif dengan tingkat berpikir yang bertahap sehingga dapat mengakomodasi siswa untuk berpikir secara mandiri memahami masalah sampai pada tahap mengkomunisasikan rencana dan solusi dari permasalahan pada teman atau guru. Proses pembelajaran menuntut siswa untuk dapat menyelesaikan masalah secara individu dan secara kelompok.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan guru dalam langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square Share yang meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2011 dengan materi pembelajaran lingkaran.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tindakan guru dalam langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe think pair square share yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah (1) guru mengelompokkan siswa dengan kemampuan yang heterogen menurut hasil tes kemampuan awal, langkah ini dapat meningkatkan sikap siswa saat merencanakan solusi, (2) tahap think, guru memberikan suatu permasalahan dalam bentuk LKS dan meminta siswa mengerjakan secara individu. Guru menekankan kepada siswa untuk mengerjakan sendiri dengan membuka buku sumber. Langkah ini terbukti meningkatkan sikap siswa dalam memahami permasalahan, (3) tahap pair, guru meminta siswa berdiskusi untuk bertukar ide dengan teman sebangku. Guru mengarahkan pasangan siswa untuk bekerjasama secara positif guna merencanakan penyelesaian masalah, (4) tahap square, guru meminta siswa berdiskusi tetapi dengan pasangan lain sehingga membentuk kelompok berempat. Guru membimbing kelompok siswa yang masih belum bisa memecahkan masalah. Tahap ini meningkatkan sikap penyelesaian masalah siswa, (5) tahap share, guru meminta siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok yang telah dilakukan. Siswa lain diminta guru berperan menjadi pengamat serta penanya guna memperoleh solusi yang paling efektif dan benar. Siswa yang aktif dan kooperatif akan mendapat penghargaan berupa tambahan nilai. Penambahan kuantitas soal pemecahan masalah dan pengkonstruksian materi yang jelas akan mempermudah siswa untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah.

ABSTRACT

 

Pranyata, Yuniar Ika Putri. 2011. Improving the Student’s Mathematics  Problem Solving Ability at Grade VIII E SMP Negeri 8 Malang by  Cooperative Learning Type Think Pair Square Share. Thesis, Mathematics Department, Mathematics and Science Faculty, State University of Malang. Advisors: (1) Drs. Sukoriyanto, M.Si and (II) Dr. Makbul Muksar, S.Pd, M.Si

 

Keyword: Problem Solving Ability, Cooperatif Learning Type Think Pair Square Share

Problem solving ability is a strategic capability to know students' competencies applying four phase of problem solving. The problem that is meant is a mathematical problem with the completion of the diverse and includes four phases of problem solving is to understand, plan, solve and check the solution obtained. According to initial ability test that have been conducted in SMP Negeri 8 Malang, for the most part of students in class VIII E are low on problem solving ability that showed by students are low on test score.

Think Pair Share Square is one type of cooperative learning with the level of thinking which gradually so as to accommodate the students to think independently to understand the problem reached the phase of communicate the plan and solution of problems on a friend or teacher. The learning process requires students to be able to solve problems individually and in groups.

This study aimed to know the teacher’ action in cooperative learning steps Think Pair Square Share type that increases the ability of mathematical problem solving class VIII E SMP Negeri 8 Malang. This study uses qualitative research approaches. The research is classroom action research. The subjects were students in grade VIII E SMP Negeri 8 Malang. The research is conducted in January 2011 with the material of learning is circle.

The results of this study can be concluded that teacher’ action in cooperative learning steps think pair square share type that can improve students' mathematical problem solving ability are (1) Teacher divide students into groups of students with heterogeneous abilities according to the results of initial ability tests this step could improve students attitude when they plan to solving a problem, (2) think phase, teacher give a problem that is written in the LKS and asks the students to work individually. Teacher emphasized the students to work individually with open their sources. This step proven by improvement students’ attitude to understand the problem, (3) pair phase, teacher ask students to talk to exchange ideas with friends bench. Teacher direct pair of students to positive cooperative planning a strategy of problem solving, (4) square phase, teacher ask students to discuss again but with another pair to form groups. Teacher guide groups of student that unable to solve the problem. This phase could improve students attitude to solve a problem  , (5) share phase, teacher ask students to present the results of group work has been done. Another student are asked by teacher to role become an observer and questioner in order to obtain the most effective solutions and true. Students who are active and cooperative will receive an award in the form of additional value. The addition quantity of about problem solving and construction of a clear material will facilitate students to develop problem solving ability.