SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN DAKON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH ROUDLOTUN NASYIIN MOJOKERTO PADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN

SITI MA'RIFATUL KHUSNIYAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Khusniyah, Siti Ma’rifatul. 2010. Pembelajaran Kooperatif Tipe Think - Pair - Share (TPS) dengan Menggunakan Media Papan Dakon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Mojokerto pada Materi Perkalian dan Pembagian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc, (II) Drs. Rustanto Rahardi, M.Si.

 

Kata Kunci: Media Papan Dakon, Think Pair Share, Perkalian, Pembagian.

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mojokerto, diperoleh informasi bahwa hasil belajar sebagian besar siswa masih rendah dan proses pembelajaran matematika masih terpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah kemudian siswa mengerjakan soal. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai persentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 85% dari jumlah siswa yang mencapai nilai minimal 65.

Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran kooperatif Tipe Think - Pair - Share (TPS) dengan menggunakan media papan dakon untuk meningkatkan hasil belajar siswa. penerapan Pembelajaran ini memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit memberikan siswa waktu lebih banyak untuk menggunakan media papan dakon untuk mempermudah memecahkan soal, berpikir, menjawab, dan saling membantu sama lain. Saat pertanyaan diajukan ke seluruh siswa, setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan sebelum dilaporkan kepada kelompoknya. Adapun tahap-tahap dalam pembelajaran tipe TPS adalah: (1) tahap think, siswa berpikir secara individu untuk mengerjakan LKS, (2) tahap pair, siswa bersama pasangannya mendiskusikan masalah dalam LKS (3) tahap share, siswa bersama pasangannya mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Pembelajaran Kooperatif Tipe Think - Pair - Share (TPS) dengan Menggunakan Media Papan Dakon untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dari hasil penelitian selama 2 siklus, dapat disimpulkan bahwa penerapan media papan dakon dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Mojokerto dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 14,35 %, dari siklus 1 yaitu 75 % ke siklus 2 yaitu 89,35 %, sedangkan peningkatan rerata kelas siswa kelas II adalah 80,89 % mengalami kenaikan sebesar 2,29 % dari rerata nilai kelas pada siklus I 78,60 %.