SKRIPSI Jurusan Matematika - Fakultas MIPA UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI RPL 2 SMK NEGERI 9 MALANG

Neni Hanifa Lutfiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Lutfiana, Neni Hanifa. 2010. Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI RPL 2 SMK Negeri 9 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. M. Shohibul Kahfi, M.Pd, (II) Drs. Sudirman, M.Si.

 

Kata Kunci: contexstual teaching learning, aktivitas belajar siswa

Berdasarkan observasi awal dan wawancara informal yang dilakukan pada tanggal 11 Oktober 2010 dengan guru Matematika kelas XI RPL 2 SMK Negeri 9 Malang diketahui bahwa sebagian besar proses pembelajaran masih didominasi guru dan siswa masih pasif. Dari 34 siswa hanya 4 siswa saja yang bertanya, sedangkan siswa yang lain hanya mendengarkan saja bahkan ada beberapa siswa yang berbicara dengan teman sebangkunya dan tidak mendengarkan penjelasan guru dan pertanyaan temannya. Saat presentasi kelas, sebanyak 12 siswa tidak mendengarkan teman yang presentasi, kebanyakan berbicara dengan teman sebangkunya dan ada yang melamun sendiri, bahkan ada yang mengerjakan tugas mata pelajaran lain. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan pembelajaran kontekstual (Contexstual Teaching Learning).

Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 9 Malang, dengan subjek siswa kelas XI RPL 2 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan langkah-langkah pembelajaran kontekstual (CTL) pada kelas XI RPL 2 SMKN 9 Malang.

Pada penelitian ini, aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I yang hanya mencapai 67,64% atau 23 siswa yang aktif menjadi 76,47% atau 26 siswa aktif pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual (Contexstual Teaching Learning) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI RPL 2 SMKN 9 Malang.