SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja (Studi pada Karyawan PT. TASPEN Cabang Malang)

Intan Kumala Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Intan Kumala. 2010. Pengaruh Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja (Studi Pada Karyawan PT. TASPEN Cabang Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sopiah, M.Pd, M.M, (II) Elfia Nora, S.E, M.Si

 

Kata kunci Pengembangan Karir, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

 

Pengembangan karir adalah peningkatan-peningkatan pribadi yang dilakukan seseorang untuk mencapai suatu rencana karir (Handoko, 1997:78).  Sedangkan menurut Manurung (1989:66), pada hakekatnya pengembangan karir merupakan suatu kondisi tertentu yang berubah menjadi bentuk atau keadaan yang baru menuju ke arah positif (sesuai dengan yang dikehendaki), dan perubahan tersebut berkaitan dengan kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan.  Terjadinya perubahan tersebut diiringi juga dengan bertambahnya tanggung jawab dan peningkatan hasil kerja atau produktivitas baik secara kualitas maupun kuantitas.  Pengembangan karir berpengaruh dalam menciptakan kepuasan karyawan,  pengembangan karir juga merupakan hal yang krusial karena manajemen dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan sikap karyawan terhadap pekerjaannya dan membangun kepuasan yang lebih tinggi (Rivai 2004:299).  Menurut Flippo dalam Danta (2003:3), bahwa karyawan yang mempunyai persepsi positif terhadap pengembangan karirnya dalam perusahaan, cenderung mempunyai kepuasan untuk mendukung pencapaian tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.  Kemajuan karir sebagian besar tergantung pada prestasi kerja yang baik dan etis.  Asumsi kinerja yang baik melandasi seluruh aktivitas pengembangan karir.  Ketika kinerja dibawah standar, dengan mengabaikan upaya-upaya pengembangan karir lain, bahkan tujuan karir yang paling sederhana sekalipun biasanya tidak bisa dicapai.  Kemajuan karir umumnya terletak pada kinerja dan prestasi (Rivai, 2004:291). 

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui deskripsi pengembangan karir, kepuasan kerja dan kinerja karyawan di PT. TASPEN Cabang Malang, (2) mengetahui pengaruh secara langsung pengembangan karir terhadap kepuasan kerja karyawan PT. TASPEN Cabang Malang, (3) mengetahui pengaruh secara langsung pengembangan karir terhadap kinerja karyawan PT. TASPEN Cabang Malang, (4) mengetahui pengaruh secara langsung kepuasan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan PT. TASPEN Cabang Malang, (5) mengetahui pengaruh secara tidak langsung pengembangan karir terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan PT. TASPEN Cabang Malang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory research. Populasi yang dipilih adalah karyawan PT. TASPEN Cabang Malang yang berdasarkan pada golongan atau pangkat dan berdasarkan bagian kerja sejumlah 31 karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi atau penelitian dengan menggunakan Sampling Jenuh, dan metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif, kondisi pengembangan karir baik, kinerja karyawan tinggi dan sangat puas pada kondisi deskriptif kepuasan kerja di PT TASPEN Cabang Malang, (2) Terdapat pengaruh secara langsung yang positif pengembangan karir terhadap kepuasan kerja karyawan PT TASPEN Cabang Malang, (3) Terdapat pengaruh secara langsung yang positif pengembangan karir terhadap kinerja karyawan PT TASPEN Cabang Malang (4) Terdapat  pengaruh secara langsung yang positif kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT TASPEN Cabang Malang dan, (5) terdapat pengaruh secara tidak langsung yang positif pengembangan karir terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan PT TASPEN Cabang Malang.

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat disampaikan penulis adalah sebagai berikut: (1) Penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan karir mampu meningkatkan pengaruh kinerja karyawan terhadap kepuasan kerja yang dimiliki oleh karyawan PT. TASPEN Cabang Malang. Oleh karena itu, PT. TASPEN Cabang Malang hendaknya  merancang jalur karir bagi karyawan yang lebih jelas dan diketahui oleh karyawan, lebih meningkatkan pengadaan pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan serta meningkatkan komunikasi antar atasan dan karyawan guna mendukung tujuan perusahaan, (2) Peneliti Lain: (a) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian terhadap variabel-variabel lain yang terkait dengan pengembangan karir yang meliputi perencanaan karir, motivasi, kepemimpinan trasformasional, kepemimpinan transaksional, komunikasi internal dan manajemen kinerja.  Karena variabel-variabel tersebut belum tercakup dalam penelitian ini, (b) Peneliti selanjutnya diharapkan mengambil cakupan responden yang lebih luas. Karena keterbatasan waktu dan tempat penelitian sehingga penelitian ini hanya mencakup 31 responden.