SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Iconic Berbasis Mind-Mapping Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran (Kelas X Semester Genap Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran)

Putri Adhe Devina Widhya

Abstrak


RINGKASAN

Putri, Adhe Devina Widhya. 2019. Pengembangan Modul Iconic Berbasis Mind Mapping pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran (Kelas X Semester Genap Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK PGRI 2 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  Imam Bukhori, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: modul Teknologi Perkantoran, Model Iconic Berbasis Mind Mapping

Teknologi berkembang sangat pesat pada era globalisasi terutama dalam dunia komunikasi dan pendidikan. Pengembangan modul Teknologi Perkantoran memiliki peran penting dalam aktivitas pembelajaran dan merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.  Mata pelajaran ini  memiliki permasalahan terbatasnya bahan ajar sebagai pegangan siswa dalam belajar karena merupakan mata pelajaran baru. Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah : (1) Mengembangkan Modul iconic Berbasis Mind Mapping pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran untuk peserta didik kelas X semester 2 SMK PGRI 2 Malang, (2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran melalui validasi ahli modul dan ahli materi, serta  uji coba penggunaan pada kelas kecil.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development yang dikembangkan oleh Borg and Gall dengan 8 tahap yaitu

(1) potensi masalah,

(2) Pengumpulan data,

(3) Desain produk,

(4) Validasi desain,

(5) Revisi desain,

(6) Uji coba produk,

(7) Revisi produk, dan

(8) Produk akhir. Penelitian dilaksanakan pada kelas X OTKP 1 SMK PGRI 2 Malang pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran.

Modul divalidasi oleh dua ahli materi yang menghasilkan rata-rata 89,33%,   validasi oleh dua ahli modul menghasilkan rata-rata 90,60%, serta hasil dari respon pengguna pada uji terbatas oleh siswa menghasilkan rata-rata 89,00% sehingga dapat dikatakan modul sangat valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Karena masih terdapat beberapa saran dari ahli modul dan ahli materi maka dilakukan revisi atau perbaikan terhadap modul pembelajaran terutama pada bagian cover, background gambar dan warna.

Saran pemanfaatan modul iconic berbasis mind mapping pada mata pelajaran Teknologi Perkantoran   bagi guru adalah untuk menggunakan modul ini dalam pembelajaran agar guru lebih berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Bagi siswa yaitu diharapkan berperan aktif dan kreatif dalam pembelajaran dengan membuat mind mapping untuk lebih memahami materi pelajaran.  Saran pengembangan lebih lanjut untuk peneliti selanjutnya adalah  mengembangkan modul untuk beberapa Kompetensi Dasar (KD) saja agar lebih fokus dan bisa memmbuat modul yang lebih inovatif dan menarik dengan membuat ilustrasi gambar, variasi warna, pilihan huruf dan mind mapping.

 

SUMMARY

Putri, Adhe Devina Widhya. 2019. Iconic Module Development Based on Mind Mapping in Office Technology Subjects (Class X Even Semester Automation and Office Management Skills Program in SMK PGRI 2 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  Imam Bukhori, S.Pd., M.Pd.

Keywords: Office Technology module, Iconic Model Based on Mind Mapping

Technology developed very rapidly in the era of globalization, especially in the world of communication and education. Development of Office Technology modules has an important role in learning activities and is one of the factors to increase students' interest in learning and understanding of subject matter. This subject matter has the problem of limited teaching materials as students' grip on learning because it is a new subject. The objectives of this research and development are: (1) Developing iconic modules based on Mind Mapping on Office Technology subjects for second semester X grade students of SMK PGRI 2 Malang, (2) Knowing the feasibility of learning modules through validating module experts and material experts, and testing try using a small class.

This research is a type of Research and Development research developed by Borg and Gall with 8 stages, namely

(1) potential problems,

(2) data collection,

(3) product design,

(4) design validation,

(5) design revisions,

(6 ) Product testing,

(7) Product revision, and

(8) Final product. The research was conducted at class X OTKP 1 of SMK PGRI 2 Malang on Office Technology subjects.

The module was validated by two material experts who produced an average of 89.33%, validation by two module experts produced an average of 90.60%, and the results of user responses to limited tests by students produced an average of 89.00% so that they could said the module is very valid and can be used as teaching material in the learning process. Because there are still some suggestions from module experts and material experts, revisions or improvements to the learning module are carried out, especially in the cover section, image background and color.

Suggestions for using mind mapping-based iconic modules in Office Technology subjects for teachers are to use this module in learning so that teachers act more as facilitators in learning. For students that is expected to play an active and creative role in learning by making mind mapping to better understand the subject matter. Suggestion for further development for the next researcher is to develop modules for just a few Basic Competencies (KD) so that they are more focused and can make modules more innovative and interesting by making image illustrations, color variations, choice of letters and mind mapping.