SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Lectora untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Ma'aniyah Miatul

Abstrak


ABSTRAK

Ma’aniyah, Miatul. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Lectora untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Kelas XII Administrasi Perkantoran di SMK Telkom Brawijaya. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Mohammad Arief, M.Si (2) Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M

Kata Kunci: media pembelajaran, lectora, administrasi kepegawaian, hasil belajar.

Penelitian ini didasarkan pada fakta dengan perkembangan teknologi, dunia pendidikan juga perlu melakukan penyesuaian terutama pembelajaran di sekolah. Salah satunya ialah dengan menggunakan media pembelajaran di sekolah. Akan tetapi, fakta di lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pada mata pelajaran administrasi kepegawaian masih tradisional. Tujuan penelitian ini adalah

1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran Audio Visual berbasis Lectora pada kompetensi dasar mengamati proses kerja administrasi kepegawaian di instansi/dunia usaha  kelas XII ADP di SMK Telkom Brawijaya Blitar.

2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Audio Visual yang telah dikembangkan melalui validasi ahli.

3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual dan tanpa menggunakan media pembelajaran Audio Visual dalam proses pembelajaran.

Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model Plomp 2007 melalui 3 tahapan penelitian, yaitu penelitian awal, tahap pengembangan prototipe, dan tahap evaluasi. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan Teknologi Pendidikan sebagai ahli media dan 1 orang guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian.

Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran Audio Visual berbasis Lectora pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian kelas XII SMK kompetensi dasar mengamati proses kerja administrasi kepegawaian di Instansi/Badan Usaha yang mengandung audio, teks,dan gambar. Berdasarkan penilaian oleh  validator media diperoleh data bahwa media ini termasuk sangat valid  dengan presentase 95% sedangkan berdasarkan penilaian validator materi, media ini termasuk valid dengan presentase 80%. Efektivitas produk diperoleh dari data perbandingan hasil belajar siswa, rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 79,67% dan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 88,67. Dengan demikian nampak bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis lectora ini lebih efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran.

Adapun saran yang diberikan adalah:

1) menggunakan media dengan didukung oleh sumber belajar yang lain guna memperkaya informasi yang di dapat.

 

ABSTRACT

Ma’aniyah, Miatul. 2019. Development of Lectora-Based Audio Visual Learning Media to Improve Student Learning Outcomes in Class XII Office Administration Staffing Subjects at Telkom Brawijaya Vocational School. Sarjana’s Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisors (1) Drs. H. Mohammad Arief, M.Si (2) Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M

Keywords: learning media, lectora, personnel administration, learning outcomes.

This research is based on facts with technological developments, the world of education also needs to make adjustments, especially learning in school. One of them by using learning media in schools. However, the real facts show that the learning media used by the teacher in delivering material to the personnel administration subjects is still traditional method. The purpose of this study is

1) Producing products in the form of Lectora-based Audio Visual learning media on basic competencies observing the work process of personnel administration in the agency / business world class XII ADP at Telkom Brawijaya Blitar Vocational School.

2) Knowing the feasibility of Audio Visual learning media that has been developed through expert validation.

3) Knowing the differences in learning outcomes of students who use Audio Visual learning media and without using Audio Visual learning media in the learning process.

The design of this study was adapted from the Plomp 2007 model through 3 stages of research, namely initial research, prototype development stage, and evaluation phase. Learning media validation was carried out by 1 Education Technology lecturer as a media expert and 1 Personnel Administration subject teacher.

This study resulted in learning media in the form of Lectora-based Audio Visual learning media in Staffing Administration class XII SMK basic competencies observing the work process of personnel administration in Institutions / Business Entities containing audio, text, and images. Based on the assessment by the media validator, data is obtained that this media is very valid with a percentage of 95% whereas based on the evaluation of material validators, this media is included as valid with a percentage of 80%. Product effectiveness is obtained from the comparison of student learning outcomes data, the average learning outcomes of the control class student 79.67% and the average learning outcomes of the experiment class student 88.67. Thus it appears that the use of lectora-produced audio-visual learning media is more effective than without using media in learning.

The suggestions given are:

1) using the media supported by other learning resources to enrich the information obtained.