SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Proses Belajar Teknologi Perkantoran dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di Smk National Media Center Malang

Kurniawan Mochamad Rizky

Abstrak


ABSTRAK

Kurniawan, Moch Rizky. 2019. Pengaruh Proses Belajar Teknologi Perkantoran Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK National Media Center. Skripsi. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd

Kata Kunci: proses belajar, teknologi perkantoran, fasilitas belajar, hasil belajar.

Proses belajar merupakan perubahan perilaku kognitif, afektif dan psikomotor yang terjadi dalam diri siswa. Perubahan yang diharapkan ketika siswa melakukan proses belajar adalah mereka menjadi lebih maju dari keadaan sebelum mereka melakukan proses belajar. Untuk mendukung proses belajar, diperlukan Fasilitas belajar, baik di sekolah maupun dirumah, karena semakin lengkap fasilitas belajar maka akan mempermudah proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel proses belajar teknologi perkantoran (X1) dan fasilitas belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) yang meiliki rumusan masalah:

(1) Hasil belajar siswa, proses belajar teknologi perkantoran dan fasilitas belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK National Media Center Malang;

(2) Pengaruh proses belajar teknologi perkantoran dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK National Media Center Malang.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK National Media Center Malang sebanyak 54 siswa yang terdiri dari 26 siswa kelas X APK 1 dan 28 siswa kelas X APK 2 dengan menggunakan teknik Sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif, regresi linier berganda dan uji t. sebelum melakukan analisis regresi linier berganda, dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Penelitian ini bersifat expost facto dengan bantuan program Minitab 16 for Windows.

Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan;

(1) Hasil belajar siswa kelas X APK SMK National Media Center dengan deskripsi sangat terampil, 38,9% siswa terampil, 13,0% Cukup terampil, dan sisanya 3,8% dengan deskripsi kurang terampil. Disimpulkan bahwa mayoritas siswa kelas X APK SMK National Media Center Malang memiliki hasil belajar sangat terampil; Jawaban responden untuk 17 item pernyataan adalah sebesar 3,28. Disimpulkan bahwa secara umum pengaruh proses belajar pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X APK di SMK National Media Center Malang memiliki kriteria penilaian yang cukup baik; Jawaban responden untuk 18 item pernyataan adalah sebesar 3,47 . Dapat disimpulkan bahwa secara umum pengaruh fasilitas belajar pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X APK di SMK National Media Center Malang memiliki kriteria penilaian yang baik;

(2) Proses belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa; Fasilitas belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

 

ABSTRACT

Kurniawan, Moch Rizky. 2019. Influence of office technology learning process and learning facilities to learning outcomes of tenth grade students office Administration SMK National Media Center. Sarjana’s Thesis. Department of Management, Faculty of Economics, Universitas Negeri Malang. Advisor: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd

Keywords: learning process, office technology, learning facilities, learning outcomes.

The learning process is a change of cognitive, affective and psychomotor behavior that occurs in students. The expected change when students do the learning process is they become more advanced than they are before they do the learning process. To support the learning process, it is necessary to study facilities, both at school and at home, because the more complete the learning facilities will make the learning process. This research aims to determine the influence of variable learning process (X1) and learning facilities (X2) on student learning outcomes (Y). Wich has a problem:

(1) Student learning result, office technology processes and learning facilities of grade X student’s Office Administration at SMK National Media Center Malang;

(2) Influence of office technology learning process and learning facilities to study outcomes of grade X student’s Office Administration at SMK National Media Center Malang.

The population in this research is a grade X student of office administration at SMK National Media Center Malang, as much as 54 students consisting of 26 grade X students APK 1 and 28 grade X APK 2 students using saturated Sampling technique. Data collection techniques using questionnaires and documentation. Analytical techniques using descriptive analysis techniques, multiple linear regression and T. Test before conducting a double linear regression analysis, conducted a classical assumption test of multicholininearity test and heteroskedastisity test. This research is expost facto with the help of Minitab 16 for Windows program.

The results of descriptive statistical analysis show;

(1) Learning outcomes of grade X student’s of SMK National Media Center with a very skilled description of 38,9% skilled student’s. 13,0% skilled enough, and the remaining 3,8% with less skilled descriptions. It was concluded that the majority of student’s in grade X APK SMK National Media Center Malang have very skilled learning outcomes; The respondent’s anwer to 17 items of statement is 3,28. It was concluded that in general, the learning process in the subjects of Office technology X APK in SMK National Media Center Malang has quite good scoring criteria; The respondent’s anwer to 18 items of statement is 3,47. It can be concluded that generally the influence of facilities on the subjects of Office technology X APK in SMK National Media Center Malang has good scoring criteria;

(2) The learning process does not have a significant influence on student learning outcomes; Learning facilities have no significant influence on student learning outcomes.