SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Efikasi Diri Dan Pengalaman Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) Terhadap Minat Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015)

Prayoga Ramdhan Wahyu

Abstrak


RINGKASAN

Prayoga, R. W. 2019. Pengaruh Efikasi Diri Dan Pengalaman Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) Terhadap Minat Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015). Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd.,M.M

Kata Kunci : efikasi diri, pengalaman kajian dan praktik lapangan, minat menjadi guru

Minat menjadi guru mahasiwa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang bersumber dari dalam diri individu yang bersangkutan, seperti pengalaman dan kepribadian. Sedangkan faktor eksternal merupakan yang mampu menumbuhkan minat akibat adanya peran orang lain dan lingkungan yang ada disekitar seperti, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Efikasi Diri dan Pengalaman Kajian dan Praktik Lapangan merupakan faktor internal yang bersumber dari dalam diri individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) deskripsi Efikasi Diri Pengalaman Kajian dan Praktik Lapangan, dan Minat Menjadi Guru.

(2) pengaruh efikasi diri terhadap minat menjadi guru

(3) pengaruh pengalaman kajian dan praktik lapangan terhadap minat menjadi guru.

Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif, dengan melihat hubungan variabel terhadap objek yang diteliti dengan hubungan sebab-akibat, sehingga ada variabel bebas dan variabel terikat. Populasi Dalam Penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran yang berjumlah 155, dengan sampel sebesar 112 mahasiswa yang didapat melalui rumus Slovin dalam Indarwati. Teknik sampling menggunakan Proportionate Random Sampling. Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder berasal dari Subag Akademik Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan wawancara tidak terstruktur. Uji kelayakan instrument dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan membagikan kuesioner pada 30 responden diluar sampel penelitian. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Analisis data dalam statistik inferensial pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisi regresi linier berganda, dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas.

Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan;

(1) variabel efikasi diri, pengalaman kajian dan praktik lapangan, dan minat menjadi guru termasuk dalam kategori yang baik.

(2) terdapat pengaruh positif dan signifikan efikasi diri terhadap minat menjadi guru,

(3) tidak terdapat pengaruh pengalaman kajian dan praktik lapangan terhadap minat menjadi guru.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan:

(1) bagi diharapkan dapat ditingkatkan lagi mengenai kayakinan diri terhadap potensi menjadi pendidik.

(2) bagi program studi agar tetap mempertahankan kualitas pembelajaran mata kuliah kependidikan dan pelaksanaan praktik pengajaran pada mahasiswa,

(3) bagi orang tua agar memberi kebebasan mahasiswa dalam minat memilih profesi berkelanjutan

(4) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya melakukan sebuah penelitian mengenai variabel lain yang mempengaruhi minat menjadi guru.