SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dengan Menggunakan Sparkol Videoscribe Pada Mata Pelajaran Penataan Produk (Studi Pada Kelas Xi Program Keahlian Bisnis Daring Dan Pemasaran Di Smkn 1 Malang)

Rofii Muhamad Rifal

Abstrak


ABSTRAK

Rofii, Muhamad Rifal. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dengan Menggunakan Sparkol Videoscribe Pada Mata Pelajaran Penataan Produk (Studi Kelas XI Progam Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sutrisno, M.M

Kata Kunci: media pembelajaran, audio visual, sparkol videoscribe, penataan produk

Media pembelajaran adalah alat bantu yang sengaja digunakan sebagai perantara penyampaian informasi antara guru dan siswa dalam memahami materi pelajaran agar lebih efektif dan efisien. Dalam proses kegiatan belajar kehadiran media pembelajaran sangat membantu, karena ketidak jelasan atau kerumitan dalam materi yang akan disampaikan oleh guru dapat dibantu dalam kehadiran media sebagai perantara. Dalam proses pembelajaran media yang digunakan hanya sebatas pada handout yang dibagikan oleh guru saat kegiatan pembelajaran dan dikumpulkan kembali saat pelajaran selesai terutama pada mata pelajaran Penataan Produk. Berdasarkan observasi dan wawancara pada guru dan siswa di SMK Negeri 1 Malang, siswa masih membutuhkan media yang lebih membangkitkan semangat untuk aktif dalam belajar dengan cara pemutaran video pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis audio visual dengan menggunakan sparkol videoscribe yang layak pada kompetensi dasar SOP penataan produk-produk drink, food, fresh  dan kosmetik pada  mata pelajaran penataan produk  untuk dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran alternatif dalam kegiatan pembelajaran.

Model yang digunakan dalam pemgembangan media pembelajaran Penataan Produk berbasis audio visual dengan menggunakan sparkol videoscribe adalah model R&D (Borg and Gall) dalam bukunya Sugiyono, Dalam pengembangan ini meliputi 9 langkah yaitu:

1) Potensi dan masalah,

2) Pengumpulan data,

3) Desain produk,

4) Validasi desain,

5) Revisi desain,

6) Uji coba produk,

7) Revisi produk,

8) Uji Pemakian,

9) Produk akhir.

Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah wawancara dan angket. Jenis data yang diperoleh adalah berupa data kualitatif dan kuantitatif.

 

Hasil analisis media pembelajaran berbasis audio visual dengan menggunakan sparkol videoscribe menunjukkan skor hasil validasi ahli media sebesar 91,66% termasuk dalam kategori valid dan ahli materi menunjukkan skor sebesar 90% termasuk dalam kategori valid. Uji coba produk memperoleh hasil 85,55% termasuk dalam kategori valid, uji coba masal memperoleh hasil 87,11% termasuk dalam kategori valid. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis audio visual dengan menggunakan sparkol videoscribe pada mata pelajaran penataan produk kelas XI di SMK Negeri 1 Malang valid dan layak untuk digunakan dalam proses kegiatan pembelajaran di kelas.