SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan kerja Siswa Kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malangg

Siti Nurjanah

Abstrak


Kesiapan Kerja siswa SMK dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu pengalaman praktik kerja industri, prestasi belajar mata pelajaran produktif dan dukungan orang tua. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui:

(1) deskripsi pengalaman praktik kerja industri;

(2) deskripsi prestasi belajar mata pelajaran produktif;

(3) deskripsi dukungan orang tua;

(4) deskripsi kesiapan kerja;

(5) pengaruh penglaman praktik kerja industri, prestasi belajar mata pelajaran produktif, dan dukungan orang tua secara parsial terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan explanatory. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pengalaman praktik kerja industri (X1), prestasi belajar mata pelajaran produktif (X2), dukungan orang tua (X3) dengan variabel terikat  adalah kesiapan kerja (Y). Populasi penelitian adalah siswa kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Malang yang berjumlah 81 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh, karena semua anggota dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas dilakukan pada 30 responden. Teknik analisis data: analisis deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari, uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas dan analisis regresi linear berganda yang terdiri dari uji hipotesis menggunakan uji t.  Analisis data menggunakan bantuan program komputer SPSS V. 24

Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa:

(2) terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan antara pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja

(3) terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran produktif terhadap kesiapan kerja,

(4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan:

(1) bagi guru mata pelajaran produktif diharapkan selalu menjaga agar proses pembelajaran berlangsung secara kondusif dengan meningkatkan kualitas pembelajaran;

(2) bagi siswa diharapkan harus senantiasa mengasah keterampilannya dalam bidang kejuruannya ketika pembelajaran diluar sekolah maupun diluar sekolah;

(3) bagi DU/DI agar siswa prakerin benar-benar menerapkan ilmu yang telah dipelajari disekolah sebelumnya;

(4) bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu melakukan sebuah penelitian tentang variabel lain.