SKRIPSI Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Nilai Prakerin, Efikasi Diri dan Dukungan Orangtua terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMKN 2 Kediri

lQoirot Mamba'atul

Abstrak


RINGKASAN

Qoirot, Mamba’atul. 2019. Pengaruh Nilai Prakerin, Efikasi Diri dan Dukungan Orangtua terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMKN 2 Kediri. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Aniek Indrawati, S.Si., M. M.

Kata Kunci: nilai prakerin, efikasi diri, dukungan orangtua, kesiapan kerja

Pengangguran saat ini semakin banyak dari berbagai latar belakang pendidikan. Salah satu lulusan terdidik yang menyumbang pengangguraan adalah siswa lulusan SMK. Oleh karena itu kesiapan kerja siswa harus diperhatikan untuk menyiapkan siswa lulusan SMK yang siap bekerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) deskripsi nilai prakerin, efikasi diri, dukungan orangtua serta  kesiapan kerja,

(2) pengaruh nilai prakerin terhadap kesiapan kerja,

(3) pengaruh efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa,

(4) pengaruh dukungan orangtua terhadap kesiapan kerja siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan explanatory. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 220 siswa kelas XII dan sampel berjumlah 142 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji kelayakan instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisis regresi linier berganda terdapat 3 uji asumsi klasik yang digunakan, yaitu: uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas.

Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukan bahwa:

(1) nilai prakerin, efikasi diri, dukungan orangtua serta kesiapan kerja siswa kelas XII SMKN 2 Kediri termasuk dalam kategori tinggi yang berarti sangat baik,

(2) terdapat pengaruh negatif signifikan nilai prakerin terhadap kesiapan kerja siswa,

(3) terdapat pengaruh positif signifikan efikasi diri terhadap kesiapan kerja siswa,

(4) terdapat pengaruh positif signifikan dukungan orangtua terhadap kesiapan kerja siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan:

(1) bagi pembina prakerin diharapkan lebih meningkatkan perannya dengan selalu memberi arahan dan juga memonitor kegiatan siswa selama prakerin agar nilai prakerin meningkat dan berpengaruh meningkatkan kesiapan kerja siswa,

(2) bagi DU/DI hendaknya memperhatikan tugas yang dibebankan terhadap siswa prakerin, agar siswa prakerin benar-benar dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari di sekolah sebelumya sehingga berpengaruh terhadap peningkatan kesiapan kerja siswa,

(3) bagi peneliti selanjutnya hendaknya mampu melakukan sebuah penelitian tentang variabel lain.